riau24

Tinggal Diumumkan, Meranti Sukses Melaksanakan Seleksi CPNS

31 Dec 2018 | 12:07 WIB
Peserta Ujian CPNS Kepulauan Meranti R24/mad Peserta Ujian CPNS Kepulauan Meranti

RIAU24.COM -  SELATPANJANG – Proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 di Kepulauan Meranti sudah sampai diujung jalan. Mulai dari proses pengumpulan dan penyeleksian administrasi syarat peserta, pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), hingga Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), semuanya berjalan dengan sukses dan lancar.

“Kita hanya tinggal mengumumkan siapa saja yang akan diterima menjadi CPNS Kepulauan Meranti nantinya,” ungkap Kepala Bidang, Penerimaan, Pemberhentian dan Informasi Pegawai, Said Solahuddin SP.

Proses awal penerimaan CPNS ini dimulai pada pertengahan Bulan September 2018 lalu. Dimana saat itu Pemkab Meranti mengumumkan formasi yang dibutuhkan.

Batas akhir pengumpulan berkas calon peserta seleksi sempat diperpanjang karena masih minimnya pelamar. Dari 10 Oktober diperpanjang 5 hari menjadi 15 Oktober 2018.

Total peserta yang memasukkan berkas ke BKD sebanyak 3,000 lebih. Namun yang lulus administrasi hanya sebanyak 2,961 orang.

Setelah peserta yang dinyatakan lulus administrasi diminta melakukan daftar ulang, pada 26 Oktober 2018 dilaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Dimana pelaksanaannya memakan waktu selama 8 hari.

“Pelaksanaan SKD di aula afifa Jalan Dorak Selatpanjang. Dalam sehari kita bisa melaksanakan 4 sesi dimana tiap sesi diikuti 100 peserta,” kata Said.

Disebutkannya dari seluruh peserta yang mengikuti SKD hanya sebanyak 38 orang saja memenuhi passing grade atau standar nilai yang telah ditetapkan KemenpanRB. BKD Kepulauan Meranti langsung berkoordinasi dengan pihak KemenpanRB melalui Badan Kepegawaian Negera (BKN).

Setelah dikeluarkan PermenpanRB Nomor 61 Tahun 2018, tentang peserta yang tak lolos SKD (sesuai Permenpan Nomor 37 Tahun 2018), maka berlaku nilai kumulatif minimal 255 poin. Sehingga bagi peserta yang nilai kumulatif SKD nya mencapai 255 berpeluang ikut SKB. Namun yang diambil hanya 3 peserta dengan nilai tertinggi.

"Dengan adanya Permenpan 61 tahun 2018 itu, peserta SKB di Kepulauan Meranti menjadi 400 orang lebih," jelas Said lagi.

Setelah mendapatkan jadwal pasti dari BKN, maka Pemkab Meranti juga kembali mempersiapkan aula afifa untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Dimana sistem pelaksanaan SKB sama dengan SKD yakni Computer Asistant Test (CAT).

“Pelaksanaan SKB selama 2 hari. Yaitu mulai Senin 10 sampai Selasa 11 Desember 2018 di aula afifa,” ujarnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Alizar S,Sos, melalui Sekretarisnya, Bakharuddin menuturkan dalam proses seleksi CPNS kemarin, Pemkab Meranti hanya membantu dalam hal pelaksanaannya saja. Sementara yang memproses penerimaan sampai pengangkatan CPNS nantinya merupakan kebijakan KemenpanRB.

“Alhamdulillah seluruh rangkaian penerimaan CPNS 2018 untuk Pemkab Meranti sudah tuntas dan berjalalan lancar,” katanya.

Proses akhirnya hanya tiggal pengumuman siapa saja yang akan diterima menjadi CPNS Kepulauan Meranti. Hal itu masih menunggu informasi dari BKN.

“Untuk pengumuman kelulusan, kami masih menunggu informasi dari BKN,” terangnya. ***

 

Panitia melakukan verifikasi berkas pendaftar CPNS hingga dini hari.

 

Pengambilan nomor ujian tes CPNS

 

Tes CPNS Kepulauan Meranti sudah dimulai, Jum'at 26 Oktober 2018

 

Peserta Ujian CPNS Kepulauan Meranti

 

Sri Wahyuni diangkat menuju ruang tes CPNS

 

Peserta SKB Seleksi CPNS Meranti 2018 serius menjawab soal

 

Salah satu peserta penerimaan CPNS Kep Meranti dengan cemas melihat nilai hasil ujiannya

 

Perwakilan masyarakat melakukan mediasi kepada BKD Kepulauan Meranti

 

Tim BKN menerima hasil ujian SKB seleksi CPNS dari BKD Kepulauan Meranti

 

Penulis: R24/mad




Loading...

loading...