Ternyata, Ponsel Berikut ini Miliki Radiasi Terbesar, Apa Saja? | RIAU24.COM

Ternyata, Ponsel Berikut ini Miliki Radiasi Terbesar, Apa Saja?

Minggu, 10 Februari 2019 | 11:04 WIB
Xiaomi Mi A1R24/ibl Xiaomi Mi A1

RIAU24.COM - Federasi Perlindungan Radiasi Jerman (Bundesamt für Strahlenschutz) merilis daftar smartphone yang memiliki pancaran radiasi terbesar hingga yang terkecil.

Dilansir dari detik.com, Minggu, 10 Februari 2019, smartphone dengan tingkat radiasi tertinggi dipegang oleh Xiaomi Mi A1 yang melepaskan 1,75 watt per kilogram. Kemudian disusul oleh OnePlus 5T dengan mengeluarkan 1,68 watt per kilogram.

Dari data yang dirilis tersebut, tercatat produk Xiaomi lainnya yang termasuk ke dalam kategori terbesar dalam memancarkan radiasinya, yaitu Mi Max 3 sebesar 1,58 watt per kilogram, Mi Mix 3 sebesar 1,45 watt per kilogram, dan Redmi Note sebesar 1,29 watt per kilogram.

BACA JUGA : Wow, Begini Penampakan Pesawat Terbesar di Dunia Saat Terbang Pertama Kali

Selain itu, ada juga model lainnya yang melepaskan radiasi terbesar adalah HTC U12 Life, Pixel 3, Pixel 3 XL, iPhone 7, iPhone 8, Xperia XZ1 Compact, OnePlus 6T, OnePlus 5, OnePlus 6, sampai ZTE AXON 7 Mini.

Disamping itu, adapun model Samsung yang hampir mayoritas berada di kategori ponsel pintar dengan pancaran radiasi terkecil, diantaranya adalah Galaxy Note 8 dengan melepaskan 0,17 watt per kilogram, Galaxy S8+ dengan melepaskan 0,26 watt per kilogram, dan Galaxy S9+ dengan melepaskan 0,29 watt per kilogram.

Sampai saat ini memang belum ada batasan radiasi yang tepat secara global, untuk menyebutkan bahwa smartphone tersebut dianggap berbahaya atau tidaj digunakan untuk konsumen.

Kegelisahan itu tak terlepas dari isu-isu jika gelombang radio yang dipancarkan smartphone berdampak pada kesehatan manusia.

BACA JUGA : Facebook, Whatsapp dan Instragam Terganggu, Twitter Jadi Tempat Pelampiasan Netizen

Jerman sendiri memiliki sertifikasi lingkungan yang dinamakan Der Blaue Engel. Sertifikasi ini hanya meloloskan ponsel yang memiliki tingkat radiasi kurang dari 0,6 watt per kilogram.

Penulis: R24/ibl



Terkini


Loading...

loading...