riau24

Terbaik di Riau Dalam Laporan Keuangan, Berturut-turut, Pemkab Meranti Raih WTP Ke-7

15 May 2019 | 17:25 WIB
Disaksikan Wakil Ketua DPRD, DR M Taufikurrohman, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi menerima LHP-LKPD dari Kepala BPK RI Wilayah Riau, T Ipoeng Andjar Wasita/DV R24/phi Disaksikan Wakil Ketua DPRD, DR M Taufikurrohman, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi menerima LHP-LKPD dari Kepala BPK RI Wilayah Riau, T Ipoeng Andjar Wasita/DV

RIAU24.COM -  SELATPANJANG - PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, berhasil meraih penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHP-LKPD) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Wilayah Provinsi Riau. Penyerahannya dilakukan Rabu (24/4/2019) lalu, di Kantor BPK RI Wilayah Riau di Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru.

Dengan raihan tersebut, maka, Kabupaten termuda di Provinsi Riau itu berhasil meraih WTP ke-7 nya secara berturut-turut. Dimana WTP pertama diraih pada tahun 2013 lalu.

Dalam penyerahan penilaian tersebut dilakukan langsung oleh Kepala BPK RI Wilayah Riau, T Ipoeng Andjar Wasita kepada Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi. Selain kepada Bupati, hasil penilaian juga diserahkan kepada Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, DR M Taufikurrohman. Dimana sebelum penyerahan dilakukan penandatanganan berita acara serah terima.

Hadir juga dalam penyerahan tersebut, Anggota DPRD, Fauzi SE, Sekda, Yulian Norwis SE MM, Sekwan, Drs H Irmansyah, Kepala Inspektorat, Drs Suhendri MSi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Bambang Suprianto SE MM, Kabag Persidangan Setwan, Tengku Azman, Kabag Humas dan Protokol, Heri Saputra SH, Kabid Akuntansi dan Pelaporan, Eko Haryadi dan Kasubag Pemberitaan, Miftahul Azmi. Tampak hadir juga Ketua Tim Pemeriksa BPK RI untuk Meranti, Salomo.

Usai menyerahkan LHP-LKPD, T Ipoeng Andjar Wasita, memberikan apresiasi kepada Pemkab Meranti. Dimana daerah tersebut memiliki komitmen yang tinggi untuk melaksanakan UU Nomor 17 Tahun 2013, tengang Keuangan Negara.

Menurutnya, Pemkab Meranti mampu menyerahkan LKPD lebih awal, yakni kurang dari 2 bulan setelah tahun anggaran berakhir. Tepatnya, 25 February 2019 lalu. Dan, setelah dilakukan pemeriksaan oleh BPK RI selambat-lambatnya 2 bulan setelah LKPD diserahkan, BPK RI pun menyerahkan LHP Pemkab Meranti. Dimana Meranti menjadi daerah pertama dari Kabuten/ Kota lainnya di Riau.

Hasilnya pun sangat luar biasa. Dimana Pemkab Meranti berhasil mempertahankan Opini WTP selama 7 tahun berturut-turut.

"Tentunya dengan diraihnya Opini WTP ini, membuktikan kualitas laporan keuangan yang disajikan oleh Pemkab Meranti sudah sangat handal," kata Kepala BPK RI Wilayah Riau tersebut.

Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi mengucapkan terima kasih yang tinggi kepada BPK RI yang telah membimbing dan membina aparatur nya dari posisi nol, hingga meraih sukses seperti saat ini.

"Kepada BPK RI kami ucapkan terima kasih atas pembinaan yang telah diberikan hingga mencapai sukses seperti saat ini,"ucapnya.

Irwan juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh aparatur Pemkab Meranti yang terlibat, sehingga Meranti berhasil meraih Opini WTP yahg ketujuh kalinya.

"Semoga kedepan kualitas laporan yang disajikan semakin meningkat yang ditandai dengan ketepatan waktu pelaporan," ucap Bupati.

Selain itu, orang nomor satu di Meranti itu menekankan agar semua aparatur yang terlibat bisa lebih memahami standar pemeriksaan keuangan yang semakin ketat saat ini. Caranya, dengan menggali pengetahuan ter update. Sehingga, mampu menerapkan sistem pelaporan keuangan yang terintegrasi.

"Ke depan sisten pelaporan keuangan secara komputerisasi akan menjadi konsekwensi. Mohon pembinaan dan tunjuk ajar dari BPK RI, agar SDM (Sumber Daya Manusia) Meranti bisa menyesuaikan dengan sistem pelaporan terkini," tambah Bupati.

Dengan masa Jabatan yang tinggal 2 tahun lagi, Bupati Irwan berharap apa yang diraih saat ini dapat menjadi Legacy dan Operating Prosedure bagi SDM Pemkab Meranti dalam menyajikan laporan keuangan yang akuntabel.

Irwan juga turut mengucapkan terimakasih kepada DPRD dan seluruh lapisan masyarakat di Kepulauan Meranti. Karena, berkat dukungan dan kepercayaan yang tinggi kepada Pemkab Meranti menjadi pendorong dan spirit untuk meningkatkan kinerja. Khususnya dalam mempertanggung jawabkan penggunaan anggaran setiap tahunnya.

“Prestasi ini tak terlepas dari dukungan DPRD dan seluruh lapisan masyarakat. Mudah-mudahan Kabupaten Kepulauan Meranti yang kita cintai ini bisa berkembang lebih maju lagi,” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti DR Taufikurrohman yang ikut menerima LHP tersebut dari BPK RI mengaku bangga. Politisi Gerindra itu bahkan mengapresiasi kinerja Pemkab Meranti.

Menurutnya, raihan Opini WTP terhadap LKPD sangat luar biasa. Tentunya, dengan pengakuan BPK RI tersebut akan semakin mempermudah fungsi pengawasan DPRD.

"Kami dari DPRD Meranti sangat mengapresiasi dan sangat bangga atas prestasi yang diraih Pemkab Meranti. Tentunya, ketika itu sudah dicapai, tentu tidak sulit lagi bagi kami (DPRD red) untuk melaksanakan fungsi pengawasan," katanya. (ADV)

 

 

Penulis: R24/phi




Loading...

loading...