riau24

Akses Medsos Diblokir, Ini Cara Membukanya Selain Pakai VPN

23 May 2019 | 10:58 WIB
ilustrasi R24/saut ilustrasi

RIAU24.COM -  Buntut aksi 22 Mei yang berbuntut ricuh, pemerintah membatasi akses beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp, untuk menghindari penyebaran berita hoax. Kebijakan ini membuat masyarakat keberatan karena sebagian memang menggunakan media sosial untuk bisnis.

Sejumlah orang lalu memanfaatkan Virtual Private Network (VPN) untuk menembus blokade ini. Dilansir laman Valuewalk, beberapa waktu lalu, Virtual Private Network atau VPN adalah salah satu cara aman dan andal untuk membuka blokir situs web yang dibatasi. VPN berfungsi sebagai pihak ketiga antara pengguna dan situs host dan mengalihkan semua aktivitas online pengguna melalui server jarak jauh.

Seperti dilansir tempo.co, selain VPN, kita masih bisa membuka akses  aplikasi tersebut  dengan menggunakan beberapa cara. Meskipun masih ada kekurangan, tapi bisa menjadi alternatif untuk membuat aplikasi kembali digunakan, berikut caranya:

1. Versi Varian Situs Web

Beberapa situs web dibatasi hanya untuk pengguna smartphone dan dapat dengan mudah diakses dalam versi desktopnya. Sehingga pengguna dapat mencoba membuka situs web yang diinginkan melalui berbagai perangkat dan dengan versi yang berbeda.

Misalnya, jika WhatsApp dilarang di ponsel cerdas, coba gunakan versi desktopnya yaitu https://web.whatsapp.com/ mungkin bisa membantu. Demikian pula, Anda dapat masuk melalui https://m.facebook.com/ jika perangkat tidak mendukung aplikasi Facebook. Tip sederhana ini seringkali tidak banyak berguna terutama untuk situs web yang dibatasi.

2. Ganti URL dengan IP

Setiap situs web memiliki IP sendiri yang berbeda dari URL-nya. Ketika sebuah situs diblokir oleh server atau institusi sering hanya URL situs terdaftar dalam daftar dan menggunakan IP dapat memecahkan pertanyaan tentang cara membuka blokir situs web yang dibatasi.

Mengakses IP situs web tidak terlalu sulit dan dapat dengan mudah diperoleh melalui situs yang relevan. Meskipun sebagian besar trik ini berfungsi, tapi memiliki batasan tertentu seperti tidak tersedianya IP yang diinginkan karena kebijakan situs web. Metode ini juga tidak berlaku jika IP dan URL berada dalam daftar terbatas.

3. Smart DNS Proxies

Smart DNS Proxies adalah solusi yang lebih otentik untuk membuka blokir situs web yang dibatasi. Smart DNS Proxes memungkinkan pengguna mengubah atau menyembunyikan lokasi yang sebenarnya dengan memilih server dari berbagai negara.

Dengan metode ini, pengguna dapat dengan mudah menipu situs host dan membuka blokir konten yang diinginkan. Smart DNS Proxes adalah salah satu solusi yang efisien tapi ini bukan cara browsing yang aman.

Aktivitas online yang dilakukan melalui proxy ini terbuka untuk dimata-matai dan diintai yang dapat membuat pengguna kesulitan kapan saja, cepat atau lambat.

4. Way Back Machine

Situs Way Back Machine adalah situs yang telah mengarsipkan versi lama dari berbagai situs web. Jika pengguna tidak tertarik pada konten segar dan hanya memerlukan beberapa informasi umum, pengguna dapat memilih opsi ini dan dapat mengunjungi halaman-halaman lama situs web yang diinginkan tanpa batasan.***

 

R24/bara

Penulis: R24/saut




Loading...

loading...