riau24

KPU Mengaku Sudah Tahu Posisi Ma’ruf Amin di Dua Bank Sejak Awal, Lah Kok Dibiarkan?

12 Jun 2019 | 12:20 WIB
Hasyim Asyari R24/riko Hasyim Asyari

RIAU24.COM -  KPU mengaku telah mengetahui posisi jabatan Ma’ruf Amin di dua bank sejak awal pendaftaran KH Ma’ruf Amin sebagai cawapres. Lalu kenapa KPU baru menyampaikan sekarang dan tidak dari dulu melakukan langkah. 


BACA JUGA : Giliran Mobil Komando Aksi Kawal MK Datangi Kawasan Patung Kuda Monas

“Jadi begini, yang namanya calon peserta pemilu presiden itu pasangan calon itu mendaftar kan ke KPU lembaga yang menerima pendaftaran, memproses penelitian administrasi, verifikasi, sampai dengan penetapan sebagai calon adalah KPU,”beber komisioner KPU Hasyim Asyari melansir dari Detik Selasa 11 Juni 2019.

“Maka, KPU dalam ruangan itu juga menggunakan kesempatan melakukan klarifikasi, ke sana ke mari kepada lembaga-lembaga yang punya otoritas untuk menentukan itu,” sambungnya.

Menurutnya, berdasarkan hasil verifikasi, KPU meyakini bahwa Bank BNI Syariah dan Mandiri Syariah bukan sebagai BUMN. Hasyim menyebut hal ini membuat Ma’ruf Amin dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon.

“Kalau KPU berdasarkan verifikasi meyakini bahwa lembaga itu bukan BUMN, sehingga kemudian calon wakil presiden Pak Kiai Ma’ruf Amin dinyatakan tetap memenuhi syarat,” kata Hasyim. 


BACA JUGA : Kawal Sidang MK, Massa Mulai Penuhi Kawasan Patung Kuda Monas

Jadi dapat disimpulkan jabatan Ma'ruf Amin sudah diketahui sejak awal. 

 “ informasi ini bukan informasi awal bagi KPU, ini sudah diketahui sejak awal,”katanya. 

Selain mengurus semua pendaftaran hingga penetapan calon, Hasyim juga menyebut pihaknya telah melakukan klarifikasi ke berbagai lembaga.

Penulis: R24/riko




Loading...

loading...