riau24

Harga Sawit di Riau Turun, ini Faktor Penyebabnya

12 Jun 2019 | 14:26 WIB
Ilustrasi R24/ibl Ilustrasi

RIAU24.COM - Dibandingkan periode sebelumnya, harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Riau sempat mengalami kenaikan. Namun, usai hari raya Idul Fitri 1440 H, harga TBS pada periode 12-18 Juni 2019 turun.

Kasi Promosi dan Menjamin Mutu Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Tengku Neni Mega Ayu mengatakan, ada dua faktor menurunnya harga TBS di Riau.

"Faktor internal, penurunan harga TBS periode ini disebabkan oleh turunnya harga jual CPO dan kernel dari hampir seluruh perusahaan sumber data, sementara beberapa perusahaan malah tidak melakukan penjualan," kata Tengku Neni kepada Riau24.com.

BACA JUGA : Tolak Bantuan Anies Baswedan, Pemprov Riau Ternyata Belum Komunikasikan Dengan Pemprov DKI Jakarta

Dia merincikan, untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan sebesar Rp 37,50/Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 172,72/Kg, dan Asian Agri Group mengalami penurunan sebesar Rp 36,93/Kg dari harga minggu lalu.

Sedangkan untuk harga jual kernel, Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan sebesar Rp 9,09/Kg, dan Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp 16,00/Kg dari harga minggu lalu.

Sedangkan untuk faktor eksternal, lanjut Neni, penurunan harga TBS dipengaruhi oleh terjadinya pelemahan harga minyak kedelai dunia sebagai produk rival.

BACA JUGA : Dermaga Roro Buton Ambruk, Seorang Petugas Jatuh Terseret Arus

"Selain itu nilai tukar ringgit terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang menguat membuat investor agak menahan pembelian kontrak CPO," tuturnya.

Sehingg, berdasarkan harga TBS penetapan ke 22 periode 12-18 Juni 2019, mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

"Jumlah penurunan terbesar dialami oleh kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 4,88/Kg atau mencapai 0,35 % dari harga minggu lalu. Harga TBS periode saat ini menjadi Rp 1.390,86/Kg," tutupnya.

Penulis: R24/ibl




Loading...

loading...