riau24

Mana yang Lebih Populer di Mata Netizen, Menteri Susi Pudjiastuti Atau Sri Mulyani?

03 Jul 2019 | 14:53 WIB
Menteri Sri Mulyani dan Susi Pudjiastuti tampak akrab saat berselfie. Foto: int R24/wan Menteri Sri Mulyani dan Susi Pudjiastuti tampak akrab saat berselfie. Foto: int

RIAU24.COM -  Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, adalah dua srikandi yang populer di kalangan Kabinet Kerja. Keduanya juga dikenal memiliki hubungan personal yang baik. Tapi kalau di dunia maya, siapa yang lebih populer di mata netizen?

Terkait hal ini, peneliti Digital Intelligence Lab dari Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM) Treviliana Eka Putri, mengatakan ternyata Menteri Susi lebih populer di mata netizen, dibanding sahabatnya Sri Mulyani.


BACA JUGA : Samsung Hadirkan Galaxy A30s dan Galaxy A50s, ini Spesifikasinya

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu 3 Juli 2019, Treviliana mengungkapkan, dalam menilai popularitas kedua menteri perempuan itu, merujuk pada besarnya jumlah pengikut akun media sosial Instagram dan Twitter keduanya.

Dilansir okezone, pengikut menteri Susi mencapai angka 3,29 juta orang. Sedangkan Menteri Sri Mulyani menduduki peringkat kedua dengan 1,39 juta pengikut. Data tersebut berdasarkan data yang dihimpun per 25 Mei 2019 (Twitter) dan per 18 Juni 2019 (Instagram),

Beberapa Menteri juga memiliki strategi engagement yang cukup unik dan khas. Misalnya, kebiasaan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang menggunakan Bahasa Inggris dalam sebagian besar konten media sosial yang diunggahnya.


BACA JUGA : Gara-gara Ingin Terlihat Tua, 10.737 Orang Indonesia Tertipu Aplikasi FaceApp Abal-abal

Selain itu juga terungkap, dari 34 Menteri yang tergabung dalam Kabinet Kerja, ada 4 Menteri yang sama sekali tidak memiliki dan menggunakan akun media sosial (Twitter dan Instagram).

Selain itu, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto yang notabene berusia paling senior di Kabinet Kerja, tergolong cukup aktif di media sosial. Menkopolhukan Wiranto bahkan turut masuk dalam 5 Menteri terpopuler di platform Kabinet Kerja Jokowi-JK. ***

Penulis: R24/wan




Loading...

loading...