riau24

Minum ini 2 Gelas Sehari, Gulanya Dapat Tingkatkan Risiko Kanker

12 Jul 2019 | 11:30 WIB
Ilustrasi R24/ibl Ilustrasi

RIAU24.COM - Mengonsumsi minuman yang mengandung gula berlebihan telah terbukti memiliki efek yang kurang baik bagi tubuh, termasuk konsumsi jus buah. Sebuah penelitian baru menunjukkan jika minum dua gelas jus buah sehari dapat meningkatkan risiko kanker.

Dilansir dari detik.com, Jumat, 12 Juli 2019, The French Institute of Health Research melakukan pengamatan terhadap 101.257 orang dewasa yang sehat dengan usia rata-rata 42, menganalisis kebiasaan diet mereka dan mencatat setiap kasus kanker hingga sembilan tahun.

Kemudian, para peneliti menilai jika hubungan antara konsumsi minuman manis, jus buah 100 persen dan minuman diet dengan risiko kanker secara keseluruhan, serta kanker payudara, prostat, dan usus.

BACA JUGA : 5 Macam Teh Ini Bisa Melancarkan Pencernaan

Meski masih dalam tahap observasi lanjutan, peneliti mengungkap jika penyebabnya dikarenakan kandungan gula yang berlebihan pada jus buah. Bukan berarti tidak boleh dikonsumsi, hanya saja ada baiknya untuk mengurangi jumlah asupan hariannya.

Mereka menemukan bahwa 100 ml jus buah dikaitkan dengan 12 persen peningkatan risiko kanker secara keseluruhan, dan 15 persen peningkatan risiko kanker payudara.

"Rekomendasi dari beberapa lembaga kesehatan masyarakat adalah untuk mengkonsumsi kurang dari satu gelas per hari. Lebih dari itu, dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit mungkin kanker, tetapi juga penyakit kardiometabolik," jelas Dr Mathilde Touvier.

BACA JUGA : Tak Hanya Kayu Bajakah, 6 Herbal Ini Dipercaya Dapat Cegah Kanker

Para ilmuwan sudah tahu jika makanan dan minuman manis menyebabkan kenaikan berat badan dan orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih besar terkena kanker.

Tapi, hingga kini sulit untuk mengetahui sejauh mana jus buah manis dan minuman bersoda bisa meningkatkan risiko kanker. Untuk itu, penelitian lebih lanjut akan dilakukan untuk memecahkan hal tersebut.

Penulis: R24/ibl




Loading...

loading...