riau24

Boleh Percaya Boleh Tidak, 15 Lagu Ini membuat Penderita Koma Jadi Sadar

12 Jul 2019 | 14:39 WIB
Ilustrasi R24/wan Ilustrasi

RIAU24.COM -  Keajaiban seringkali terjadi dalam dunia medis. Salah satunya, adalah terkait penderita koma. Mereka tiba-tiba terbangun dari koma, setelah setelah mendengar lagu favoritnya diputar. Kisah ini merupakan sebuah keajaiban dalam dunia medis.

Jadi, mulai sekarang ada baiknya anda mengetahui apa lagu favorit anda. Siapa tahu, suatu saat nanti, lagu tersebut bisa menjadi penyelamat bagi anda.

Tak hanya itu, beberapa dokter sering menyarankan agar orang yang mengunjungi korban yang sedang koma untuk memutar musik yang memiliki arti khusus bagi mereka. Hal ini dalam dunia medis dikenal sebagai rangsangan yang menonjol, karena sesuatu yang akrab sangat penting secara emosional.


BACA JUGA : Bikin Tubuh Hangat dan Fit, Coba Resep Teh Serai Madu

Dilansir viva, berikut ini 15 lagu yang pernah membuat seseorang terbangun dari koma yang mereka alami. Bahan dirangkum dari berbagai sumber.

1. Psy, Gangnam Style. Ying Nan, seorang gadis di China, sudah mengalami koma selama 258 hari. Kondisi itu terjadi karena ia mengalami  pendarahan pada otak. Pada suatu ketika, sang ibu tiba-tiba teringat sebuah lagu yang sangat disukai putrinya.

Ibunya kemudian memutar lagu Horse Riding Dance. Kebetulan, saat itu lagu penyanyi asal Korea,  Psy, mulai terkenal di Cina. Meski sedang koma, namun Ying Nan tiba-tiba tersenyum saat mendengar lagu tersebut.

Keesokan harinya, sang ibu kembali melakukan hal yang sama. Reaksi yang dikeluarkan Ying Nan juga sama. Beberapa waktu kemudian, Ying Nan mulai menggerakan kaki, tangan, hingga akhirnya bangun dari koma.

2. Adele, Rolling in the Deep. Pada tahun 2011, Charlotte Neve seorang bocah warga Inggris yang baru berusia 7 tahun, mengalami pendarahan otak. Akibatnya, ia pun mengalami koma. Keluarga sudah bersiap-siap keadaan yang paling buruk sekalipun, yang mungkin bakal dialami oleh mereka.

Namun, keajaiban tiba-tiba terjadi secara tidak sengaja. Pada suatu ketika, sang ibu yang sedang mendengar radio, memutar lagu penyanyi Adele, yang berjudul Rolling in the Deep. Lagu termasuk Grammy 2012 “Song of the Year”.

Kebetulan, lagu itu seriang dinyanyikannya bersama Neve, ketika bocah itu belum mengalami pendarahan otak.

Secara tak sengaja, bibir ibu Neve ikut menyanyikan lagu Adele tersebut. Ajaib. Neve tersenyum. Ini adalah reaksi pertama sejak Neve koma. Dua hari kemudian, Neve mulai berbicara dan keesokan harinya ia sudah bisa bangun dari tempat tidur.

3.Green Day,  American Idiot. Tahun 2005 lalu, Corey George mengalami nasib naas. Dia ditabrak mobil tepat di hari ulang tahunnya yang kesembilan dan tidak sadarkan diri selama dua minggu. Corey hanya bertahan hidup dari mesin penolong kehidupan.

Suatu hari, ibunya mendapat ide untuk memainkan Grub Band dan Albun Favorit dari Corey, yakni American Idiot yang dipopulerkan oleh Green Day. Saat ibunya memainkan lagu tersebut untuk ke tiga kalinya, Corey mulai membuka matanya dan menggoyang-goyangkan jari tangan dan kaki.

4. James Blunt, You’re Beautiful. Claudia Dealwis sedang bermain di atas balkon. Saat itu, Dealvis baru berusia 5 tahun. Tak sengaja, Dealwis jatuh dari balkon tempatnya bermain. Kajadian ini membuat tulang tengkoraknya retak sehingga mengakibatkan Dealwis koma. Selama 10 hari, Dealwis koma dan tak menunjukan tanda-tanda perubahan.

Namun keadaan ini berubah saat lagu You’re Beautiful yang merupakan lagu favorit Claudia diputar di radio rumah sakit.

Secara ajaib, Caludia mulai bergerak dan mulai membuka matanya. Orangtua Claudia sangat bahagia saat itu. Pihak rumah sakit juga merasa heran dengan keadaan tersebut. Namun, setiap gerakan kecil dari seorang yang sedang koma adalah langkah yang besar.

5. Soundtrack the Mack & Mabel. Kisah bermula saat John Flynn, yang merupakan seorang eksekutif pemasaran berbasis di London, UK sakit parah setelah Flynn menjalani operasi Jantung dalam waktu kurang dari 24 jam pada tahun 2012 lalu.

Tak lama kemudian, Flynn mulai koma akibat pendarahan internal. Sehingga, badannya tidak lagi responsif selama 6 hari.

Berselang hari ketujuh, anaknya yang saat itu sedang menjaga ayahnya secara tak sengaja memainkan musik untuk ayahnya mengunakan iPod miliknya.

Saat lagu di iPod tersebut memainkan Soundtrack Mack and Mabel, yang merupakan sebuah musical tentang Hollywood lama, secara ajaib Flynn mulai bergerak. Beberapa hari kemudian, Flynn bangun dari koma.

6. The Carlie Daniels Band, “The Devil Went Down to Georgia”.  Pada tahun 2009, Jarett Carland menghabiskan sekitar empat bulan di rumah sakit dalam keadaan koma setelah mengalami kecelakaan mobil.

Dokter telah memvonis kemungkinkan Jarett selamat sangat kecil. Kalaupun ia selamat, Dokter menyebut ada kemungkinan besar Jarret akan koma, yang merupakan sebuah kondisi vegetatif selama sisa hidup.

Orangtua Jaret kemudian berusaha untuk mengobatinya. Setiap upaya dilakukan termasuk dengan memainkan lagu favoritnya.

Secara ajaib, saat lagu The Devil Went Down to Georgia dimainkan secara obsesif, Jarett mulai merespon. Setahun kemudian, Jareet mengucapkan terima asih kepada Charlie Daniels secara langsung karena berkat lagunya ia bisa sembuh dari koma.

7. Robin Gibb, Don’t Cry Alone.  Pada tahun 2012, Robbin Gibb dari Bee Gees divonis Pneumonia. Ini adalah suatu keadaan dimana sistem kekebalan tubuh seseorang melemah dari waktu ke waktu akibat pertempuran kanker hati dan kanker usur besar serta komoterapi.

Keadaan ini membuat Robbin Gibb mengalami koma. Saat istrinya memainkan lagu Roy Orbison yang berjudul Crying, Robbin Gibb mengeluarkan air mata.

Namun keadaan itu tidak membuat Robbin Gibb benar-benar sembuh dari koma. Akhirnya, pada suatu hari, anaknya, Robin-John, memainkan lagu Don’t Cry Alone, yang merupakan sebuah karya klasik untuk memperingati 100 tahun tenggelamnya kapal Titanic.

Gibb mulai mengerakan kaki dan tangannya sampai akhirnya bisa membuka matanya setelah beberapa waktu. Setelah benar-benar pulih, Robin dan Robin-John kemudian berkolaborasi untuk mengcover lagu tersebut.


BACA JUGA : Sering Merasa Pusing, Bisa Jadi Hal ini Jadi Pemicunya

8. The Rolling Stone, Satisfaction,“I Can’t Get No. Saat lagu karya grup band The Rolling Stone dengan judul I Can’t Get Now dirilis tahun 1965, Sam Carter baru berusia 17 tahun. Saat ia berusia 60 tahun, Sam mengalami koma. Peluang untuk bisa bangun dari koma tersebut, menurut dokter, sangat kecil.

Namun saat istrinya memainkan lagu tersebut, secara ajaib Sam Carter bangun dari Koma. Beberapa minggu kemudian, sam mulai berbicara dan sudah bisa menggerakan bagian tubuh yang lain.

9. Robbie Williams, Angel. Anda mungkin pernah mendengar suatu kisah yang dialami Kerstin Fritzl, dari Austria. Beberapa tahun lalu, kisah pilu tesebut sempat viral di dunia.

Selama beberapa tahun, Kerstin tinggal di ruang bawah tanah bersama ibu dan saudara perempuannya. Kondisi itu terjadi karena ayah atau kakeknya, Joe Fritzl, memenjara putrinya, yang merupakan ibu dari Kerstin di bawah tanah salama 24 tahun.

Saat Kerstin jatuh sakit pada bulan april 2008, Elisabeth meyakinkan Ayahnya bahwa Kerstin perlu ke rumah sakit. Saat itu, Kerstin memang sudah tidak sadarkan diri.

Setelah dibawah ke rumah sakit. Pihak rumah sakit menyebutkan kalau Kerstin mengalami koma. Setelah melakukan diagnosa, pihak rumah sakit kemudian memutuskan untuk menginduksi secara medis dengan lagu-lagu Robbie Williams, yang diyakini sering ia dengarkan ketika ia berada di ruang bawah tanah.

Setelah bisa berbicara, Kerstin kemudian menceritakan semuanya. Pihak kepolisian kemudian menangkap ayah sekaligus kakek Kerstin dan ia kemudian di penjara semumur hidup.

10. Bryan Adams,Somebody, Kisah omo bermula saat Christiane Kittel yang sudah mengalami koma selama tujuh tahun, sudah berusia 16 tahun.

Pada tahun 2007, ibunya membawa anak gadisnya itu menonton konser Bryan Adams yang digelar di kota mereka. Ajaib, Selama konser berlangsung, Christinae mulai bergerak di kursi roda, membuka matanya dan mulai memanggil ibunya.


11. Jessie J, Rainbow. Tyla yang saat itu baru berusia 6 tahun harus menginap di rumah sakit dalam keadaan koma yang diinduksi secara medis setelah mengalami kecelakaan mobil bersama ibu dan neneknya.

Selama hari kemudian, ibu Tyla mendengar bahwa penyanyi Jessie J mengunjungi rumah sakit tempat gadis itu berada, karena kebetulan Jessie J merupakan penyanyi favorit putrinya.

Sebelumnya, ibu Tyla menghubungi Manajemen Stars, yang merupakan manajemen Jessie J. Jessie mampir untuk menyanyikan lagu Favorit Tyla, Rainbow. Beberapa jam kemudian, Tyla mulai bergerak hingga akhirnya sadar.

12. Bon Jovi, Livin ‘On a Prayer. David Hassall mengalami kecelakaan mobil yang tragis dan membuatnya mengalami Koma selama beberapa waktu.

Berbagai model pengobatan dilakukan, sampai akhirnya, orang tuanya memutuskan untuk memutarkan lagu Bon Jovi untuk David yang sat itu berusia 22 tahun.

Pada reff kedua, secara mengejutkan, David mengucapkan kata-kata Livin ‘on a prayer. Setelah itu, David kemudian membuka matanya dan berangsur pulih dari koma.

13. Dynamo, Si Cranstoun. Jantung Cheryl Harton-Powell berhenti selama 10 menit setelah menderita serangan jantung pada tahun 2013 lalu. Dia mengalami koma yang diinduksi secara medis ketika ia datang ke rumah sakit menggunakan ambulans.

Dokter kemudian memberitahukan kepada anak-anaknya, bahwa peluang Harton-Powell selamat hanyalah 50 persen. Setelah beberapa waktu mengalami koma, anaknya memasang headphone di telinga Cheryl dan memutar lagu favoritnya. Secara ajaib, kaki Cheryl mulai bergerak sampai akhirnya ia benar-benar sadar dari koma.

14. Bruno Mars, Just The Way You Are. Meeting Bruno Mars yang dilakukan sebelum konsernya pada tahun 2015 lalu adalah hal yang sangat istimewa bagi Zumyah Thorpe.

Saat itu, Thorpe baru berusia 11 tahun. Thorpe pada waktu itu adalah satu-satunya orang yang selamat dari sebuah kecelakaan mobil yang menewaskan ibunya dan dua saudara perempuannya.

Akibatnya, Thorpe menglaami cedera parah di bagian otaknya dan membuatnya koma. Setiap malam, perawat memainkan lagu-lagu Bruno Mars yang merupakan lagu favorit dari Thorpe.

Beberapa waktu kemudian, saat lagu Just the Way You Are diputar, bibir Thorpe mulai bergerak. Dan kata-kata pertama yang diucapkan olehnya persis seperti judul lagu tersebut.

Istimewanya, Bruno Mars kemudian menyanyikan lagu tersebut bersama Thorpe saat ia konser di Claveland pada tahun 2015.

15. Righteous Brothers, Unchained Melody. Maria Neal mengalami koma selama berbulan-bulan akibat pendarahan otak dan tak menunjukan tanda-tanda perubahan.

Saat sedang menjaga Neal, suaminya mulai berpikir bahwa apakah lagu yang diputar saat pernikahan mereka bisa memicu sesuatu, dokter menyebutkan bisa.

Suami Neal kemudian memutarkan lagu tersebut dan secara ajaib, jari Neal mulai bergerak. Suami Neal kemudian bertanya, apakah anda tahu lagu ini? Neal mengangguk meski sedang koma.

Sejak itu, perubahan mulai terlihat. Sampai akhirnya Neal benar-benar pulih dari koma yang dialaminya. ***

Penulis: R24/wan




Loading...

loading...