riau24

Cegah Risiko Diabetes, Lakukan 3 Cara Ampuh ini

18 Jul 2019 | 06:08 WIB
Ilustrasi R24/ibl Ilustrasi

RIAU24.COM - Diabetes bisa meneror siapa saja. Apalagi diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan berdampak pada komplikasi serius.

Tapi tak usah khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menurunkan risiko diabetes menurut American Diabetes Association (ADA). Apa saja? Simak cara mencegah diabetes yang dilansir dari Jpnn.com, Selasa, 16 Juli 2019.

BACA JUGA : 5 Macam Teh Ini Bisa Melancarkan Pencernaan

1. Makanan berprotein
ADA menyarankan ada baiknya Anda lebih memilih protein nabati (kacang-kacangan, tahu, tempe) dan protein hewani yang lebih rendah lemak (telur, ikan, dan ayam). Sebaiknya menghindari protein hewani yang berasal dari daging merah dan tinggi lemak, seperti daging sapi dan daging kambing, terutama yang dimasak dengan cara digoreng.

2. Batasi asupan karbohidrat
Pilihlah asupan karbohidrat dengan serat tinggi seperti kacang, roti gandum, dan beras merah. Sementara itu, kurangi karbohidrat yang bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat seperti nasi putih.

Mengonsumsi wortel bagi penderita diabetes bisa menjadi salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan serat. Wortel justru memiliki potensi yang bermanfaat untuk kesehatan penderita diabetes.

Tidak ada masalah jika penderita diabetes makan wortel. Seimbangkan juga dengan makanan sehat lainnya. Dan, jangan lewatkan olahraga dan aktivitas fisik secara teratur agar gula darah Anda tetap terjaga.

BACA JUGA : Tak Hanya Kayu Bajakah, 6 Herbal Ini Dipercaya Dapat Cegah Kanker

3. Mengonsumsi sayuran
Mengonsumsi sayuran dengan serat tinggi dan kaya vitamin, seperti wortel dan brokoli, dapat dengan efektif mengurangi risiko diabetes.

“Intinya, penderita diabetes itu boleh makan sayur apa saja asalkan bervariasi. Jadi bisa mendapat semua vitaminnya sekaligus seratnya. Secara garis besar asal porsinya normal dan tidak berlebihan ya boleh-boleh saja. Jadi tidak ada spesifikasi sayur mana yang boleh dan tidak, asalkan bervariasi,” ujar dr. dyan.9

Penulis: R24/ibl




Loading...

loading...