riau24

BMKG Sebut Titik Api di Pelalawan Nihil, Tapi di Lapangan Api Masih Menyala

05 Aug 2019 | 11:33 WIB
Petugas gabungan masih berupaya memadamkan titik api di Pelalawan, Minggu 4 Agustus 2019 kemarin. Foto: int  R24/ardi Petugas gabungan masih berupaya memadamkan titik api di Pelalawan, Minggu 4 Agustus 2019 kemarin. Foto: int

RIAU24.COM -  PELALAWAN- Ada perbedaan mencolok antara data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan fakta yang terjadi di lapangan, terkait perkembangan kebakaran hutan dan lahan pada Senin 5 Agustus 2019 hari ini.

BMKG merilis data yang menyebutkan titik api di Pelalawan sudah nihil alias tidak ada lagi. Namun fakta di lapangan, api masih menyala di sejumlah lahan yang tersebar di beberapa kawasan. Petugas gabungan juga masih terus melakukan upaya pemadaman, terhadap lahan yang terbakar.


BACA JUGA : SK Pengangkatan Anggota DPRD Pelalawan Sudah Diteken Gubri

"Data BMKG memang nihil hari ini, tapi ada beberapa titik yang masih kita lakukan pemadaman," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pelalawn, Hadi Penandio, kepada Riau24.com.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, beberapa titik api tersebut berada di Kelurahan Langgam Lahan Badagu, Kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) tepatnya di Desa Bagan Limau dan Desa Kesuma.

"Untuk areal yang masih ada titik api ini, kita tetap lakukan pemadaman, bahkan hari ini operasi udara water booming tetap kita lakukan," tambah Hadi Penandio.


BACA JUGA : DLH Pelalawan Ajukan Pengadaan Alat Pengukur ISPU di RAPBD Pelalawan 2020

Sementara untuk titik yang sedang dilakukan proses pendinginan, berada di Desa Sering, Desa Penarikan, Kerumutan dan titik lainnya. Sebelumnya, pada titik-titik sempat terbakar.

"Tim darat yang turun masih tim rayon, namun jika nanti perlu backup tim Kabupaten, kita stand by dan siap turun,"imbuhnya lagi. ***

R24/phi/ardi

Penulis: R24/ardi




Loading...

loading...