riau24

Jabatan Menteri Jadi Rebutan Parpol, Jokowi Beri Isyarat Ini

05 Aug 2019 | 12:19 WIB
Para menteri di Kabinet Kerja ikut lomba makan kerupuk di Istana Bogor, Minggu 4 Agustus 2019 kemarin. Foto: int R24/wan Para menteri di Kabinet Kerja ikut lomba makan kerupuk di Istana Bogor, Minggu 4 Agustus 2019 kemarin. Foto: int

RIAU24.COM -  Hingga saat ini, siapa saja sosok yang akan duduk sebagai menteri di Kabinet Kerja untuk periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo, masih menjadi teka-teki. Seperti diketahui, hingga saat ini jabatan menteri tersebut masih menjadi rebutan di antara partai politik, khususnya yang tergabung dalam koalisi pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Kepada publik, pihak parpol secara kompak mengatakan penunjukan menteri tersebut merupakan hak presiden. Meski demikian, parpol menyatakan sudah menyiapkan para kader terbaiknya untuk posisi menteri.


BACA JUGA : Sandiaga Uno Bersiap Hadiri Pelantikan Jokowi-Maruf Amin, Netizen: Kami Tahu Siapa Pemenangnya


Meski demikian, tampaknya sudah ada sinyal dari Presiden Jokowi, terkait siapa saja yang akan duduk sebagai menteri dalam kabinetnya. Dari sinyal yang disampaikan Jokowi, ada isyarat bahwa sejumlah menteri yang berada dalam kabinet saat ini, akan terus dipertahankan.

Sinyal tersebut dilontarkan Jokowi sampaikan di sela-sela kumpul keluarga yang diikuti hampir seluruh menteri dan keluarganya, di Istana Bogor, Minggu 4 Agustus 2019 kemarin.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi sempat ditanya tentang siapa saja yang akan ditunjuknya sebagai pembantunya di Kabinet Kerja.

"Dilanjutkan," tutur Jokowi sambil tertawa, dilansir republika.

Begitu pula saat ditanya apakah Jokowi melihat bahwa kabinet saat ini sudah solid, dia pun hanya menjawab dengan tawa khasnya.

Dalam kegiatan kali ini, Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla sengaja mengundang dan mengumpulkan seluruh menteri yang saat ini masih bekerja dengannya. Begitu pula mantan menteri yang sempat satu gerbong.

space

BACA JUGA : Lima Tahun Kepemimpinan Presiden Jokowi, Refly Harun: Apakah Anda Puas?

Uniknya lagi, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memilih berdiri di baris ketujuh saat mengikuti senam bersama. Sementara itu, Ibu Iriana dan Mufidah JK berdiri di baris pertama bersama sejumlah menteri, seperti Luhut Binsar Pandjaitan, Moeldoko dan Wiranto.

Dalam kegiatan itu, para menteri memang mengajak keluarganya. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, misalnya, membawa lima dari tujuh cucunya. Begitu pula Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membawa enam orang anggota keluarganya. Mantan menteri sosial yang kini menjabat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak empat anggota keluarganya.

Selain para menteri, para mantan menteri seperti Anies Baswedan, Andrinof Chaniago, Andi Wijayanto, hingga mantan kapolri Badrodin Haiti terlihat hadir.

Sementara yang tidak tampak hadir antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.  ***

Penulis: R24/wan





Loading...