riau24

Prabowo dan Jokowi Rekonsiliasi, Rachmawati Dinilai Dinilai Cocok Duduki Posisi Ini

06 Aug 2019 | 09:33 WIB
Rachmawati Soekarnoputri. R24/saut Rachmawati Soekarnoputri.

RIAU24.COM -  JAKARTA - Menguatnya tanda-tanda rekonsiliasi antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Presiden terpilih Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri diprediksi akan mengubah peta politik tanah air.

Apalagi setelah bertemu dengan Jokowi dan Mega di waktu dan tempat berbeda, selang beberapa hari Prabowo juga menemui Ketua Dewan Pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri.

Jika Rachmawati yang selama ini dikenal sebagai sosok oposisi ikut dalam gerbong rekonsiliasi segi empat ini, maka diyakini hal ini akan menjadi modal yang cukup untuk memperkuat pemerintahan baru Jokowi.

Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin menilai, Mbak Rachma sapaan akrab Rachmawati Soekarnoputri, pantas menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) RI pada periode berikutnya untuk memperkuat basis pemikiran pemerintahan baru Jokowi nanti.

Apalagi, menurut Ujang, putri Bung Karno itu pernah diamanahi jabatan yang sama di era Presiden SBY dan memiliki performa yang baik selama menjabat posisi itu. “Memang akan ke situ arahnya (Rachmawati Soekarnoputri jadi anggota Watimpres),” ujar Ujang seperti dikutip dari pojoksatu.id, Selasa (6/8/2019).

Ujang menambahkan, peluang itu semakin besar karena Prabowo sebagai ketum partai juga memahami pemikiran-pemikiran politik kebangsaan Rachma, dan tidak akan ragu untuk memberikan dukungan.

Adapun dukungan dari Prabowo adalah hal yang paling ditunggu dan dibutuhkan kubu Jokowi. “Presiden Jokowi juga kelihatannya akan menerima. Dia malah senang Rachmawati jadi Watimpres,” tutup Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini.***

Penulis: R24/saut





Loading...