riau24

Alfedri: Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Bersama-sama Memajukan Daerah

18 Aug 2019 | 18:13 WIB
Bupati Alfedri pada  Malam Resepsi Kenegaraan dan Hiburan Rakyat /lin R24/lin Bupati Alfedri pada Malam Resepsi Kenegaraan dan Hiburan Rakyat /lin

RIAU24.COM -  SIAK  Bupati Siak Alfedri mengajak semua elemen daerah dan masyarakat untuk bersama-sama dengan niat tulus ikhlas melanjutkan pembangunan memajukan Kabupaten Siak, sebagai bentuk penghormatan dengan meneruskan perjuangan dan keteladanan para pahlawan.

Hal tersebut dikatakannya saat memberikan kata sambutan bersempena Malam Resepsi Kenegaraan dan Hiburan Rakyat dalam rangka HUT RI ke 74 Tahun 2019 di Panggung Siak Bermadah Siak Sri Indrapura, Sabtu malam (17/08/2019).

Turut hadir dalam kesempatan itu Penjabat Sekda, asisten dan pimpinan OPD, Danramil Siak, Kapolsek Siak, Pasukan Pengibar Bendera yang bertugas pada upacara penaikan dan penurunan bendera, serta masyarakat yang berkumpul di Tepian Bandar Sungai jantan.


BACA JUGA : Hindari Kabut Asap, Pembukaan Tour De Siak 2019 Dialihkan ke Gedung Kesenian Daerah

Bicara soal kepahlawanan di Tanah Jantan kata Alfedri, memang seolah tiada habis-habisnya diceritakan. Misalnya Negeri Istana memiliki sosok Sultan Syarif Kasim II yang menolak segala bentuk penjajahan, dan tegas menyatakan bahwa Kesultanan Siak dan Belanda saat itu memiliki kesetaraan.

“Menurut Sultan Syarif Kasim II, hanya dengan pendidikan, kemerdekaan akan dapat diperjuangkan sekaligus dipertahankan. Lalu didirikan lembaga pendidikan yang terintegrasi agama seperti Madrasah Taufiqiyah El Hasyimiyah, Madrasatun Nisa’ dan Sultanah Latifah School di Siak Sri Indrapura, Sekolah Jamiyatul Ikhsan di Pekanbaru, dan Sekolah Tarbiyah Islamiyah di Selat Panjang oleh Sultan dan permaisuri” kenang Alfedri.

Dengan semangat yang sama, Alfedri menyebut Pemkab Siak pada saat ini tengah menjalankan bentuk kerjasama melibatkan Lembaga Pendidikan umum dan agama untuk memajukan SDM Masyarakat Siak, agar unggul disegala bidang kehidupan. Hal itu kata dia sesuai dengan tema peringatan HUT RI ke 74, yakni “SDM Maju, Indonesia Unggul”.

“Diantaranya dengan menggandeng Institut Ekonomi dan Bisnis Islam Tazkia Bogor untuk mewujudkan SDM putera-puteri Kabupaten Siak yang handal dibidang ekonomi Syariah, akuntansi, sekaligus menjadi penghafal Qur’an dengan skema kerjasama CSR beberapa BUMD. Di dalam daerah, Alhamdulillah kita juga telah memiliki Perda Wajib MDTA, sedang merintis berdirinya pesantren tahfidz hadist serta upaya lainnya dibidang pendidikan keagamaan” jelas Mantan Kepala Sekolah SMA Korpri Minas pada tahun 1998 itu.    

Berbekal cita-cita memajukan daerah itulah, Kabupaten Siak pada hari ini sebutnya terus berbenah diri agar duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan daerah maju lainnya.

“Negeri Istana yang kita cintai telah menjadi salah satu daerah diperhitungkan ditingkat nasional diberbagai bidang pembangunan. Tahun ini saja banyak raihan prestasi dan penghargaan diterima seperti, dijadikan percontohan Kabupaten Siak Hijau pada Forum Hutan Tropis Dunia di Kolombia, Penghargaan Piala Adipura, Lencana Adhitya Karya Martavha Yodha, Predikat B LHE SAKIP, Pembangunan Daerah Terbaik I se- Riau, Opini Wajar Tanpa Pengecualian ketujuh, Anugerah Pastika Parahita, Kabupaten Layak Anak Nindya dan sebagainya” rinci Alfedri.


BACA JUGA : Sempat Kirim Foto, Korban Hilang Dalam Insiden Ambruknya Pelabuhan Buton Siak Belum Ditemukan

Dipenghujung sambutannya Alfedri juga memohon dukungan dan doa restu seluruh masyarakat, sebab tahun ini dan yang akan dating sejumlah iven nasional dan internasional telah diamanatkan kepada Kabupaten Siak untuk menjadi tuan rumah pelaksana, seperti Festival Kabupaten Lestari yang diikuti daerah anggota LTKL, Festival Pusaka Nusantara VIII yang sekaligus juga akan dirangkai dengan Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia, Jambore Masyarakat Gambut Tingkat Nasional, hingga lokasi studi lapangan para peserta Forum Hutan Tropis Dunia yang dilaksanakan di Indonesia.

“Berbagai iven dan kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut, bukanlah hendak mengedepankan agenda seremonial semata, namun justru itulah yang menjadi ikhtiar atau kerja nyata kita, untuk memperkenalkan Siak kepada Indonesia dan dunia, sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan yang ada di Pulau Sumatera berikut segenap kekayaan potensi daerahnya,” tutupnya.***


R24/phi/lin

Penulis: R24/lin




Loading...

loading...