riau24

Meski Bergaji Besar, 6 Profesi Ini Rawan Terserang Kanker, Masih Berminat?

20 Aug 2019 | 14:04 WIB
foto:pressdemocrat.com R24/saut foto:pressdemocrat.com

RIAU24.COM -  Setiap orang tentu punya impian memliki pekerjaan dengan gaji besar dan penampilan yang eksklusif. Namun ternyata, sejumlah pekerjaan yang banyak diidam-idamkan orang ini punya resiko besar terhadap kesehatan, khususnya ancaman terkena kanker. Berikut 6 pekerjaan bergaji besar namun berpeluang tinggi terkena kanker!

1. Astronot

Menjadi astronot merupakan profesi yang sangat istimewa. Mereka bisa melihat luar angkasa, enggak seperti kita yang biasa-biasa ini. Namun sayangnya, pekerjaan jadi astronot sangat berbahaya dan mempertinggi peluang kita kena kanker!

Ketika astronot meninggalkan bumi, mereka bakalan terkena radiasi ion dari luar angkasa. Radiasi ini kurang lebih sama seperti yang dirasakan oleh kru kabin dan pilot, tapi levelnya jauh lebih tinggi dan membahayakan! Bukan cuma kena kanker, para astronot bahkan bisa merasakan mutasi sel tubuh!

2. Pilot

Pekerjaan jadi pilot juga sama berbahayanya dengan astronot dan berpeluang juga kena kanker! Kokpit yang selama ini kita kira aman dan jadi tempat yang paling rahasia ternyata jauh lebih berbahaya untuk kulit kita daripada teknologi berjemur manapun.

Berdasarkan data dari JAMA Dermatology, para pilot ternyata punya 2 kali peluang kena kanker kulit daripada orang biasa yang enggak pakai sunscreen sehari-hari, lho!

3. Pramugari/pramugara

Berdasarkan studi yang dipublikasikan lewat jurnal 'Environmental Health', pramugari/pramugara atau kru kabin sering terekspos radiasi ion pada ketinggian, sehingga lebih mudah terserang kanker, terutama kanker payudara, servix, rahim, tiroid, esofagus, usus besar, perut, hati, hingga pankreas!

4.Pemadam kebakaran

Menjadi pemadam kebakaran merupakan pekerjaan mulia karena kerap menolong orang. Meski bergaji besar, namun peluang mereka kena kanker juga tinggi. Ini bisa terjadi karena ketika material tertentu, seperti plastik terbakar, akan ada racun yang keluar dan dihirup oleh pemadam kebakaran.

Apabila ini sering dihidup, enggak heran kalau pemadam kebakaran lebih gampang kena kanker daripada orang biasa.

5. Penata rambut

Sekilas, tidak ada yang berbahaya dari profesi penata rambut. Namun jika ditelisik lebih lanjut, penata rambut juga berpeluang tinggi kena kanker. Ini karena perawatan tertentu bakalan membutuhkan bahan kimia yang punya aroma menyengat.

Untuk orang biasa mungkin enggak bakalan berpengaruh apa-apa, tapi untuk penata rambut yang menghirupnya setiap hari, berbagai macam kanker bisa berpeluang mereka miliki, lho! Itu kenapa salon-salon sebaiknya selalu punya ventilasi udara yang baik dan para penata rambutnya selalu memakai sarung tangan juga masker!

6. Pekerja Laboratorium

Pekerja laboratorium di sini bukan cuma para peneliti, tapi juga pekerja pabrik, bahkan termasuk asisten rumah tangga. Ini karena menghirup atau bersentuhan dengan bahan kimia setiap harinya bakalan membuat pertahanan tubuh orang menjadi lemah terhadap semua racun, nih. Inilah yang akhirnya menyebabkan para pekerja lab hingga asisten rumah tangga lebih rentan sama kanker.***

Penulis: R24/saut




Loading...

loading...