riau24

Bahaya, Jangan Cuci Daging Sapi Sebelum Dimasak

03 Sep 2019 | 19:22 WIB
Ilustrasi R24/riko Ilustrasi

RIAU24.COM -  Menurut dokter gizi dr. Diana F Suganda, SpGK, daging sapi bisa menjadi pilihan yang baik untuk diet. Sebabnya, dalam 100 gram sapi mengandung 25 gram protein dan protein ini sangat baik sebagai asupan untuk orang berdiet.


BACA JUGA : Ini Cara Mengatasi Penyakit Vertigo saat Kambuh Mendadak dengan Cepat secara Alami


Namun, sebelum dikonsumsi biasanya daging sapi melalui proses pengolahan. Banyak yang salah beranggapan bahwa sebelum diolah atau dimasak, daging sapi sebaiknya dicuci. Tapi, Diana mengatakan, mencuci daging bukanlah cara yang bijak.

"Saat cuci bahan makanan yang belum matang, ada bakter yang masih ada di sana. Saat proses mencuci dengan air mengalit, percikannya bisa menyebar kemana-mana dan berbahaya karena bakteri bisa berpindah ke talenan, pisau, atau alat makan lainnya," kata Diana dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Selasa, 3 September 2019.

Selain itu, hindari juga konsumsi daging yang masih mentah. Karena, lanjut Diana, daging sapi yang tidak matang masih terdapat bakteri dan telur cacing jenis cacing pita. Jika dikonsumsi dalam keadaan tidak matang, bakteri dan telur cacing itu bisa membahayakan saluran pencernaan.

space

BACA JUGA : Studi Terbaru Menyebutkan, Rokok Ternyata Dapat Menyebabkan Depresi dan Gangguan Kejiwaan

Jadi, lebih baik konsumsi daging saping yang dimasak sampai matang. Di samping itu, dalam sehari sebaiknya konsumsi juga sumber protein hewani lainnya seperti ikan, telur, atau ayam.

 

Sumber: Vivanews

Penulis: R24/riko





Loading...