riau24

Pakai Wifi Gratis Memang Enak, Tapi Awas Terhadap 4 Hal Ini

07 Sep 2019 | 23:41 WIB
Ilustrasi R24/wan Ilustrasi

RIAU24.COM -  Bisa mendapat akses wifi gratis memang menyenangkan. Karena bisa berselancar di dunia hanya dengan modal dengkul. Saat ini, mendapatkan wifi gratis sangat mudah didapat. Sejumlah tempat seperti kafe, restoran, hotel dan beragam tempat lainnya, wajib menyediakan sarana ini, jika ingin dagangannya laku.

Meski gratis, namun pengguna jaringan wifi gratis tetap harus waspada. Setidaknya, ada 4 hal yang pantang dilakukan saat menggunakan wifi gratis ini, seperti dikutip detik dari The Epoch Times, Sabtu 7 September 2019.


BACA JUGA : Di Beberapa Negara, WhatsApp Ditetapkan Jadi 'Barang Haram', Alasannya Ada yang Bikin Kaget

Keempat hal itu adalah, pengguna wifi gratis sebaiknye menghindari transasksi online, seperti mobile banking atau belanja di e-commerce. Pasalnya, aktivitas bisa berbuntut resiko. Tanpa sistem keamanan yang memadai, jejak digital yang tertinggal bisa disalahgunakan orang jahat untuk mencuri data bahkan uang di rekening.

Untuk diingat, memasukkan informasi nomor kartu kredit di jaringan internet yang tak aman bisa membuat kamu jadi sasaran empuk cyber crime.

Selanjutnya, matikan wifi setelah digunakan. Jika tidak, ada risiko lokasi di mana kamu berada bisa dilacak orang lain yang berniat jahat.

Selain itu tetap menyalakan wi-fi padahal tidak dipakai juga bisa membuat batere smartphone jadi boros dan membuat pihak lain bisa mengumpulkan datamu untuk mengirimkan iklan-iklan yang tidak penting.


BACA JUGA : Samsung Hadirkan Galaxy A30s dan Galaxy A50s, ini Spesifikasinya

Selanjutnya, gunakan koneksi yang aman. Sebagian besar situs terkemuka dan terpercaya menggunakan URl https. Mereka memakai tautan berawalan https yang secara otomatis akan mengarahkanmu ke versi link yang lebih aman.

Jadi jika menemukan situs yang hanya berekstensi http, kamu harus waspada, terlebih lagi saat menggunakan wi-fi gratis.

Agar data yang ada di ponsel benar-benar aman, sebaiknya gunakan VPN (virtual private network). Dengan menampilkan alamat IP yang acak, VPN akan menyembunyikan mesin gadget pemilik dari pengiklan liar dan juga hacker. ***

 

Penulis: R24/wan




Loading...

loading...