riau24

Soal Asap, M Adil: Jokowi Jangan Cakap-cakap Saja Segera Copot Kapolda Riau dan Kapolres

12 Sep 2019 | 21:04 WIB
Muhammad Adil R24/riko Muhammad Adil

RIAU24.COM -  Anggota DPRD Riau dari PKB Muhammad Adil mendesak presiden Jokowi menunaikan janjinya untuk segera mencopot Kapolda Riau dikarenakan tidak becus dalam menuntaskan kebakaran hutan dan lahan di Riau. 


BACA JUGA : Ambruk dan Memakan Korban, DPRD Riau Sebut Pembangunan Dermaga Roro di Pelabuhan Buton Siak Asal-Asalan

"Ya kita minta Jokowi segerakan mencopot Kapolda dan Kapolresnya  sesuai janjinya yang tidak bisa mengatasi asap di Riau.  Tapi saya lihat Jokowi ini tidak ada kerjanya cuman Cakap-cakap saja dan itu penyakitnya Dia, " Kata Adil. Kamis 12 September 2019.

"Dan Jokowi ini saya lihat juga mungkin Riau ini sudah dibiarkannya saja oleh Dia, dan tidak diurusin lagi. Jadi menurut saya ngak usah Jokowi ke Riau lagi, tapi datangkan saja helikopter pengebom air 100 dan buat hujan buatan saja," tambah Adil. 

Adil juga melihat terjadinya asap akibat kebakaran hutan dan lahan dikarenakan penegakan hukum yang lemah. "Coba saja hukuman pembakaran lahan ini dijatuhi 20 tahun tentu ada efek jeranya dan lagi penegakan hukum oleh aparat hanya ditindak pembakar yang kecil-kecil saja sementara yang besar-besar tidak ditindak, " tuturnya. 

"Saya juga mengkritik Syamsuar ke Thailand ketimbang menyelesaikan kabut asap di Riau, "timpalnya.


BACA JUGA : Sudah Dikunjungi Presiden Jokowi, Sore Ini Hotspot Riau Masih Tak Hilang-hilang

Sementara itu, berdasarkan pantauan Riau24.com kualitas udara (PM10) di Kota Pekanbaru, Riau terpantau sudah memasuki batas level berbahaya pada pengamatan Kamis 12 September 2019 malam, pukul 20.21 WIB.

Ini diketahui dari kolom di situs resmi bmkg.go.id. Pada tabel situs tertera, kualitas udara di Pekanbaru sudah berada pada angka 353.27, di mana status berbahaya diangka minimal 350.

Buruknya kualitas udara, salah satunya dipicu oleh kabut asap, imbas dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

 

Penulis: R24/riko




Loading...

loading...