riau24

Seorang Tersangka Pembakar Lahan di Indragiri Hulu Diamankan Tim Satgas

17 Sep 2019 | 22:10 WIB
Tersangka Karhutla yang diamankan di Kabupaten Inhu. Foto: aziz R24/exa Tersangka Karhutla yang diamankan di Kabupaten Inhu. Foto: aziz

RIAU24.COM -  INDRAGIRI HULU- Dantim 1 Sub Satgas Gab II Kodim 0302 Inhu, Serma M. Pohan bersama Serka Sumarno dan Kakorlap BPBD Inhu, Anton beserta anggota, menangkap seorang tersangka pelaku pembakaran lahan di Kelurahan Sekip Hilir Kecamatan Rengat, Selasa 17 September 2019.

Tersangka tersebut diketahui berinisial IS (30) warga Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat.

Penangkapan bermula pada Selasa siang kemarin, ketika Dantim 1 Sub Satgas Gab II Serma M. Pohan melaporkan kepada Danramil 01/Rengat atas penangkapan tersebut.


BACA JUGA : Polisi Berhasil Ciduk Pengedar Sabu di Desa Candirejo Inhu


Menerima laporan itu, Danramil 01/Rengat Kapten Inf Legimin memerintahkan agar pelaku dibawa ke kantor Koramil 01/Rengat untuk diambil keterangan lebih lanjut.

Kemudian, sekira pukul 11.30 WIB pelaku tiba di Koramil diantar oleh Dantim 1 beserta anggota BPBD dan BabinKamtibmas Polres Inhu, Brigadir Ade Rahmat Rizki.

"Sesuai petunjuk Dandim agar pelaku diserahkan ke pihak Polres Inhu dan sekira pukul 12.10 WIB tersangka diserahkan ke Polres Inhu," ungkap Kapten Inf Legimin.

Dijelaskannya,  kronologis penangkapan tersangka bermula ketika Tim 1 Sub Satgas Gab II Kodim 0302/Imhu beserta Sat BKO Yonif 131, BPBD, Manggala Agni dan masyarakat sedang melaksanakan pendinginan titik asap di Kelurahan Sekip hilir.

Kemudian, sekira pukul 10.35 WIB, Serma M. Pohan selaku Dantim 1 mendapat laporan dari Serka Sumarno bahwa di RT 15 Kelurahan Sekip Hilir Kecamatan Rengat ada kebakaran baru.


space

BACA JUGA : Parkir di Depan Rumah, Motor Warga Rengat Inhu Hilang, Pelaku Terekam CCTV

Berdalih dari Rokok
Selanjutnya, Dantim 1 beserta 2 orang anggota KPBD meluncur ke lokasi dan melihat api sudah membesar. Di saat bersamaan dilihat ada masyarakat sedang berusaha memadamkan api.

"Dari pengakuan tersangka saat itu, dia sedang istirahat merokok, kemungkinan api dari putung rokoknya yang menyebabkan kebakaran," terang Danramil.

Berdasarkan pendapat atau analisa, tersangka diduga berbohong, karena saat tersangka melihat Tim Satgas beserta anggota BPBD datang, tersangka sibuk memdamkan api, sementara api sudah meluas lebih kurang 2000 meter persegi.  

"Lahan yang terbakar merupakan lahan yang sedang dalam tahap pembersihan yang rencananya akan di tanami palawija oleh tersangka," jelas Danramil.***

Penulis: R24/exa





Loading...