riau24

Lazismu Resmikan Perinasia Rumah Evakuasi Tanggap Darurat Asap Khusus Bayi dan Ibu Hamil

18 Sep 2019 | 13:55 WIB
Lazismu Kota Pekanbaru meresmikan Rumah Evakuasi Tanggap Darurat Asap bayi dan ibu hamil (foto/riki) R24/riki Lazismu Kota Pekanbaru meresmikan Rumah Evakuasi Tanggap Darurat Asap bayi dan ibu hamil (foto/riki)

RIAU24.COM -  Rabu 18 September 2019, Lazismu Kota Pekanbaru meresmikan Rumah Evakuasi Tanggap Darurat Asap khusus anak-anak dan lansia. Posko tersebut diberi nama RSP Perinasia berada di Jalan Wonosari nomor 18, Pekanbaru.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Pekanbaru, Hari Siyanto SE dari Lazismu Pekanbaru. "Kita menyediakan rumah evakuasi ini khusus Ibu hamil, anak-anak, lansia, dan penyakit keturunan seperti Asma. Dan kita mendirikannya dibantu IDI, Yayasan Perinasia Riau, Kadin Provinsi Riau, Mapala Umri, SAR, IMM, MDMC Pekanbaru, Kaumy Pengda Riau dan lainnya," sebutnya.


BACA JUGA : Bersama Pemko Pekanbaru, BI Perwakilan Riau Turut Serahkan Kartu Smart Madani dan KIA




Awal mula dibuatnya Rumah Evakuasi Tanggap Darurat Asap setelah melihat kabut asap yang kian parah. "Ini sudah harusnya tingkat bencana. Kita enggak tahu kenapa belum ditetapkan masuk bencana nasional. Makanya kita melihat kasihan bayi, anak-anak, dan ibu hamil yang rentan terdampak oleh racun-racun dari kabut asap," sebut Hari Siyanto.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Pekanbaru, Hari Siyanto sampaikan pihaknya beroperasi 24 jam. "Kita on call 24 jam, untuk jemput bola. Sudah tersedia dua ambulan yang standby dan juga ada petugas atau relawan yang piket. Jadi kita jamin tidak akan ada yang terlantar, pasien akan ditangani secara tepat dan cepat," sebutnya.

space

BACA JUGA : Libatkan Universiti Kebangsaan Malaysia, FKIP Unri Sukses Adakan Joint International Conference 2019


Untuk posko sendiri sudah disiapkan bebas kabut asap, selain AC juga tersedia air purifier, masker, serta obat-obatan. "Semua fasilitas sudah lengkap. Jadi kita pastikan rumah evakuasi ini aman dari musibah kabut asap. Bagi ibu hamil, anak-anak, bayi, atau lansia silahkan datang kemari. Tidak dipungut biaya, semua gratis. Termasuk konsumsi juga kita sediakan," ujarnya

Selain rumah evakuasi di Jalan Wonosari juga ada rumah evakuasi untuk masyarakat umum di RSP Umum Jalan Suka Terus II Nomor 7 Kelurahan Suka Mulya, Kecamatan Sail Pekanbaru. Dan Klinik Pratama UMRI Jalan Tuanku Tambusai Ujung SKA. "Jadi sementara ini kita ada tiga lokasi. Semua sudah memiliki relawan dan tenaga medis. Ini murni kami lakukan untuk kemanusiaan, tidak melihat bendera apa lagi politik. Kita sama-sama manusia. Jadi siapa saja boleh datang ke rumah evakuasi ini," sebutnya.

dr Zulfikri dari Yayasan Perinasia Riau menyampaikan nanti bagi ibu hamil bayi, anak-anak, atau lansia boleh berada di eumah evakuasi Perinasia Lazismu ini sampai udara di luar normal kembali. "Tidak hanya dari Pekanbaru, siapa saja boleh kesini. Baik dari Kampar, Siak, atau luar daerah lainnya. Silahkan datang kemari. Boleh di rumah evakuasi sampai nanti kabut asap ini hilang atau udara normal lagi," sebutnya.

Turut hadir dalam peresmian itu Andre dari Kaumy Pengda Riau, dr Zulfikri Yayasan Perinasia Riau, Dedi Basir dari wakil Ketua Kadin Riau, dan Yoda MDMC Pekanbaru, Kaumy Pengda Riau.

Penulis: R24/riki





Loading...