riau24

Kualitas Udara di Pekanbaru Memburuk, DD Riau dan Komunitas TDA Beri Layanan Kesehatan Gratis

22 Sep 2019 | 14:31 WIB
Dompet Dhuafa Riau dan Komunitas Tangan di Atas memberikan layanan kesehatan gratis bagi warga di Tenayan Raya R24/ibl Dompet Dhuafa Riau dan Komunitas Tangan di Atas memberikan layanan kesehatan gratis bagi warga di Tenayan Raya

RIAU24.COM - Kualitas udara di Pekanbaru yang terus menurun dan memasuki level berbahaya karena kabut asap, membuat Dompet Dhuafa Riau bersama Komunitas Tangan di Atas (TDA) memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat terdampak kabut asap.

Layanan kesehatan berupa pengobatan medis ini, dilakukan di kelurahan Melebung, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Sabtu, 21 September 2019 itu, masyarakat begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Karena selain kesehatan yang mulai terganggu karena dampak kabut asap, kegiatan ini juga memudahkan masyarakat bisa langsung berobat karena lokasi mereka yang jauh dari pusat kota Pekanbaru, sehingga untuk berobat harus jauh sekali.

"Kami sangat berterimakasih kepada Dompet Dhuafa Riau dan Komunitas Tangan Diatas. Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi warga kami. Karena lokasi kami yang sangat jauh dari kota Pekanbaru, membuat kami agak sulit mendapatkan layanan kesehatan, apalagi saat kabut asap seperti ini, tak sanggup warga untuk pergi jauh-jauh berobat, hari ini (kemaren, red) warga bisa langsung berobat tak jauh dari tempat tinggal mereka," kata Lurah Melebung, Iin Sarudin. 

Kabut Asap yang terjadi saat ini, membuat banyak warga terdampak ISPA atau insfeksi saluran pernapasan akut. Hal ini membuat komunitas tangan diatas (TDA) turut prihatin dan segera memberikan bantuan.

BACA JUGA : Bersama Pemko Pekanbaru, BI Perwakilan Riau Turut Serahkan Kartu Smart Madani dan KIA


Sementara itu, ketua komunitas TDA, Rini Shabrina mengungkapkan, hal ini merupakan bentuk sosial yang pihaknya lakukan dan berkolaborasi bersama Dompet Dhuafa Riau.

"Kami ingin berbagi rezeki yang kami miliki untuk membantu warga yang terdampak kabut asap di Riau. Kami berharap ini sangat bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

"Komunitas yang terdiri dari para pengusaha ini juga turut andil turun kelapangan dengan membagikan masker, oxycan, dan makanan sehat," lanjutnya.

Dikesempatan lain, Ali Bastoni selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau mengatakan bahwa layanan pengobatan gratis ini akan terus dilakukan di beberapa titik di kota Pekanbaru dan beberapa Kab/kota lainnya. Mengingat dampak kabut asap yang sangat meluas. Dengan adanya pelayanan pengobatan gratis ini, masyarakat yang mengalami sakit karena kabut asap ini, segera bisa diberikan pengobatan.

space

BACA JUGA : Libatkan Universiti Kebangsaan Malaysia, FKIP Unri Sukses Adakan Joint International Conference 2019

Lebih lanjut ia mengatakan, jika pada saat pengobatan gratis ini ditemukan warga untuk mendapatkan perawatan intensif, maka Dompet Dhuafa Riau akan merujuknya kerumah sakit Lancang Kuning Dompet Dhuafa di Jalan Ronggowarsito Ujung Kota Pekanbaru.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam tersebut melayani pasien orang dewasa sebanyak 93 Orang dan pasien anak-anak sebanyak 32 Orang. 

Aksi layanan kesehatan berupa pengobatan gratis tidak hanya dilakukan di Kelurahan Melebung, Kecamatan Tenayan Raya saja. Hari minggu ini (22/9), tim Dompet Dhuafa Riau juga melakukan aksi pengobatan gratis di Jalan Karya Bakti (Rusunawa eks lokalisasi) Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Tidak hanya pengobatan gratis dibeberapa titik saja, Dompet Dhuafa Riau juga memiliki Safe House (Rumah Aman) Di kantor Graha Zakat Dompet Dhuafa Jalan Arifin Ahmad Ujung Pekanbaru untuk warga yang ingin mengungsi akibat kabut asap. (rls)

Penulis: R24/ibl





Loading...