riau24

Bikin Heran, Air Dalam Botol Kok Selalu Tak Terisi Penuh, Ternyata Ini Alasannya

09 Oct 2019 | 15:39 WIB
Air dalam kemasan botol enggak pernah terisi penuh (foto/ilustrasi) R24/riki Air dalam kemasan botol enggak pernah terisi penuh (foto/ilustrasi)

RIAU24.COM -  Rabu 9 Oktober 2019- Pernah tak perhatikan setiap air dalam kemasan botol enggak pernah penuh. Setidaknya ada beberapa ruang tersisa dalam botol itu yang terisi udara.

Lihat saja tiap minuman soda, air mineral, teh botol, dan lainnya dalam kemasan botol. Dikutip dari berbagai sumber bahwa air di dalam botol bisa memuai.


BACA JUGA : Tidak Pendiam, 4 Zodiak Ini Terkenal Pandai Menjalin Komunikasi dengan Pasangan




Sehingga diberilah sedikit ruang. Dengan demikian pada saat air memuai tutup botol tidak lepas atau botol tidak pecah untuk kemasan botol kaca.

Sesuai dengan teori fisika, memuai tak hanya terjadi pada zat padat namun juga bisa terjadi pada zat cair. Istilah yang biasa dikenal dengan pemuaian volume.

space

BACA JUGA : Mudah Cara Buatnya, ini Resep Tumis Jagung Manis Sosis


Nah, jika air di dalam botol diisi penuh maka tak ada ruang bagi air saat proses pemuaian. Dampaknya botol bisa pecah (kalau botol kaca), atau tutup botol yang rapat bisa menjadi rusak.

Pemuaian terjadi bisa disebabkan karena benda tersebut menerima kalor dari luar ruangan. Nah, sudah tahukan alasan air di dalam botol kemasan yang dijual selalu tidak terisi penuh.

Penulis: R24/riki





Loading...