Taman Nasional Komodo di NTT Akan Ditutup Pemprov, Ini Alasannya

Rabu, 23 Januari 2019 | 10:26 WIB
Rusa yang menjadi makanan utama komodo/int TIM BERKAS 34 Rusa yang menjadi makanan utama komodo/int
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Wisatawan lokal dan mancanegara terus berdatangan mengunjungi lokasi wisata Taman Nasional Komodo yang terdapat di Nusa Tenggara Timur (NTT). Lokasi ini dulu pernah diusulkan masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia.

Akan tetapi beberapa saat ini, populasi rusa yang menjadi menu makanan utama komodo terus berkurang. Dan terkait hal itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT mewacanakan akan menutup lokasi tersebut.

Baca juga: Ribet dan Tambah Pusing Kata Sopir Angkot yang Beli Pertalite Pakai MyPertamina

"Penutupan ini guna meningkatkan jumlah populasi rusa yang menjadi makanan utama komodo. Selain itu, Pemerintah Provinsi NTT akan menata Taman Nasional Komodo lebih baik, sehingga habitat komodo menjadi lebih berkembang," kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Lasikodat yang dikutip dari pemberitaan di televisi iNews (22/1).

Diungkapkannya bahwa kondisi habitat komodo perlu dijaga sebagai akibat berkurangnya jumlah hewan langka tersebut.

Baca juga: Almarhum Tjahjo Kumolo Sampaikan Keinginan Sebelum Meninggal Kepada Istrinya

Selain itu, penjagaan juga akan lebih ditingkatkan sebagai akibat pernah terjadinya pemburuan liar pada rusa di area lokasi tersebut.

"Kita khawatir makanan komodo ini, yakni rusa, berkurang. Dan yang dikhawatirkan sesama komodo akan saling memangsa untuk mempertahankan hidup," tutupnya.(***)


R24/phi

 


Taman Komodo
Informasi Anda Genggam


Loading...