30 Januari: Adolf Hitler Jadi Kanselir Jerman, Mahatma Gandhi Dibunuh Ekstrimis

Riko
Rabu, 30 Januari 2019 | 14:05 WIB
Peristiwa bersejarah Adolf Hitler dan Mahatma Gandhi (foto/int) R24/riko Peristiwa bersejarah Adolf Hitler dan Mahatma Gandhi (foto/int)

RIAU24.COM -  Rabu 30 Januari 2019, Seluruh dunia memiliki sejarah masing-masing. Bahkan Presiden Soekarno menaruh perhatian besar terhadap nilai-nilai sejarah. 

Tepat 30 Januari ini ada banyak peristiwa besar yang terjadi. Dengan rentang waktu  yang berbeda, dan terpencar di banyak belahan dunia. 

Baca juga: 2 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Internasional Untuk Penghapusan Perbudakan dan Hari Konvensi Ikan Paus

Seperti 30 Januari 1933 juga diingat sebagai waktu seorang Adolf Hitler diambil sumpah untuk menjadi Kanselir Jerman. Penunjukan Adolf Hitler yang merupakan pemimpin Partai Pekerja Sosialis Nasional Jerman (atau Partai Nazi) ini penuh lika liku. 

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berkat popularitas dan rakyat Jerman frustrasi dengan kondisi ekonomi akibat kalah di Perang Dunia I, nama Adolf Hitler terus mendapat simpati.

Baca juga: Suka Ngelawak, 4 Zodiak Ini Paling Humoris

Lewat serangkaian negosiasi dan peristiwa yang rumit, Adolf Hitler disetujui  sebagai Kanselir Jerman. Sekaligus menjadi titik balik Jerman untuk menjadi bangsa kuat, dan tentu saja dengan hanya satu Partai Nazi. 

Selain itu pada 30 Januari 1948 terjadi peristiwa memilukan yang menimpa Mahatma Gandhi. Dirangkum dari berbagai sumber Mahatma Gandhi yang menjadi tokoh penting kemerdekaan India atas Inggris ini dibunuh seorang ekstremis Hindu.

Hal itu terjadi tatkala Mahatma Gandhi menghadiri upacara doa di New Delhi. Namun naas seorang anggota kelompok ekstremis Hindu menembak mati pejuang kemerdekaan India itu di tempat. Ekstrimis itu tidak sepakat dengan toleransi Mahatma Gandhi kepada komunitas Muslim. 

Atas tragedi itu Mahatma Gandhi, yang dikenal memengaruhi dunia lewat metode perjuangan tanpa kekerasan ini menghembuskan nafas terakhirnya. Mahatma Gandhi sendiri termasuk sosok yang menginspirasi Martin Luther King Jr memperjuangkan hak-harga warga kulit hitam di Amerika Serikat (AS). 


Informasi Anda Genggam


Loading...