Ingin Turunkan Berat Badan, Minuman Kayu Manis dan Madu Jadi Cara yang Ampuh

M. Iqbal
Selasa, 26 Februari 2019 | 10:57 WIB
Ilustrasi madu dan kayu manis R24/ibl Ilustrasi madu dan kayu manis

RIAU24.COM - Ramuan kayu manis dan madu memang diakui memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Selain dapat mengatasi batuk dan flu, ramuan kayu manis dan madu ternyata bisa menurunkan berat badan.

Dilansir dari Jawapos.com, Senin, 25 Februari 2019, kayu manis mengandung senyawa yang disebut cinnamaldehyde, yang memicu thermogenesis. Sehingga dapat membuat tubuh membakar kalorinya. Kemudian penelitian lain menyebutkan bahwa kayu manis dapat menyebabkan penurunan berat badan karena berkaitan dengan sensitivitas insulin.

Baca juga: 2 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Internasional Untuk Penghapusan Perbudakan dan Hari Konvensi Ikan Paus

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes Science and Technology mencatat jika kayu manis tidak hanya dapat meningkatkan sensitivitas insulin, tapi juga menurunkan kadar gula darah. Orang dengan diabetes tipe 2 lebih mudah untuk mengontrol kondisi mereka dalam menangkal kenaikan berat badan.

Sedangkan madu merupakan pemanis alternatif yang luar biasa jika sedang mencoba menurunkan berat badan. Madu berfungsi untuk meningkatkan metabolisme menurut tinjauan pada Agustus 2018 di jurnal Nutrients. Diketahui, madu dapat meningkatkan metabolisme dengan menurunkan kadar kolesterol.

Baca juga: Suka Ngelawak, 4 Zodiak Ini Paling Humoris

Lalu, bagaimana membuat ramuan kayu manis dan madu? Langkahnya cukup sederhana. Pertama masukkan kayu manis batangan atau bubuk ke dalam air panas selama setengah jam.

Pastikan air telah mendingin sebelum menambahkan madu. Sebab suhu tinggi dapat menonaktifkan enzim nutrisi madu. Disarankan rasio kayu manis dengan madu adalah dua banding satu. Untuk meminumnya, sebaiknya diminum saat perut kosong sebelum sarapan.


Madu Kayu Manis
Informasi Anda Genggam


Loading...