Gunakan Helikopter dari PT. RAPP, Sebanyak Puluhan Hektare Lahan Gambut Mampu Terpantau

Dahari
Selasa, 26 Februari 2019 | 13:21 WIB
24 hektare lahan gambut terbakar tepatnya di Jalan Akit Jaya dan Dusun Limau Desa Kembung Baru/hari R24/hari 24 hektare lahan gambut terbakar tepatnya di Jalan Akit Jaya dan Dusun Limau Desa Kembung Baru/hari

RIAU24.COM -  Di Pulau Bengkalis khususnya di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, sebanyak 24 hektare lahan gambut terbakar tepatnya di Jalan Akit Jaya dan Dusun Limau Desa Kembung Baru, Kecamatan Bantan, Bantan.

Adapun titik kordinat di lokasi kebakaran tersebut N 1.24'5", E 102.27'54". Dengan lokasi lahan gambut diareal perkebunan Akasia HTI PT. RRL dan semak belukar.

Kapolsek Bengkalis AKP Maitertika SH MH, ketika dikonfirmasi menyampaikan bahwa saat ini sedang berupaya melakukan pemadaman di bagian Kepala Api.

"Kita sedang melakukan upaya pemadaman kepala api, pemadaman titik api yang tersisa kemudian dilakukan upaya pendinginan oleh Regu pemadam PT RRL dan Polsek Bengkalis sebanyak 15 personel sedangkan dari rangdam PT. RRL 83 orang," ungkap Kapolsek Bengkalis AKP Maitertika, Selasa 26 Februari 2019.

Baca juga: Bupati Kasmarni Serahkan Penghargaan Kepada 105 Personel Kepolisian dan Imigrasi

Diutarakan Kapolsek, kondisi Api saat ini sebagian telah padam dan masih mengeluarkan asap, selanjutnya terus dilakukan upaya pendinginan oleh Regu Pemadam dari PT RRL sebanyak 83 orang dengan menggunakan 11 Mesin milik PT RRL serta dibantu 15 personil Polsek Bengkalis. Sedangkan untuk personil Polsek Bantan sebanyak 10 personil.

"Kita dari regu pemadam masih stanbay di lokasi karlahut untuk mengantisipasi api hidup kembali dengan mendirikan posko, tidak menutup kemungkinan api akan hidup kembali mengingat cuaca panas dan angin kencang setiap saat akan berubah,"ujarnya.

Selanjutnya, regu dari pemadam PT RRL terus melakukan upaya pengontrolan dilokasi Karlahut dengan melakukan pelebaran areal pendinginan di Konsesi HTI PT. RRL, sampai saat ini kepala api sudah berhasil di amankan selanjutnya masih dilakukan perluasan pendinginan diareal Desa Kelemantan, Akit jaya,  dusun limau  Desa kembung baru sudah mencapai 80 %.

Baca juga: Kapolres Bengkalis Beri Arahan Pada Acara KKKS se-Kecamatan Bengkalis Tahun 2022

"Menurut keterangan dari kordinator PT. RRL pada pukul 10.45 WIB dilakukan pemantauan terhadap kondisi karlahut diareal konsesi HTI. PT RRL dari udara menggunakan helikopter milik PT RAPP, dijelaskan bahwa kondisi karhutla di Desa kelemantan Jalan Akit Jaya serta Dusun limau Desa Kembung Baru Kecamatan Bantan yang berbatasan langsung dengan HTI PT. RRL sudah berhasil di padamkan sekitar 80 %, saat ini dilakukan pelebaran pendinginan oleh regu pemadam PT RRL dan personel Polsek Bengkalis yang di pimpin saya sendiri,"ungkap Kapolsek lagi.

Kapolsek melanjutkan, sampai saat ini Regu pemadam PT RRL masih stanbay dilokasi karhutla dan terus berupaya melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi karhutla di Dusun Limau, Akit jaya Desa Kembung baru.(***)


R24/phi


Informasi Anda Genggam


Loading...