Telinga Kemasukan Serangga, ini Langkah Awal yang Harus Dilakukan

M. Iqbal
Minggu, 03 Maret 2019 | 10:31 WIB
Ilustrasi R24/ibl Ilustrasi

RIAU24.COM - Terkadang, baik sedang bersantai dirumah ataupun jalan dengan kendaraan roda dua, pasti ada binatang kecil yang masuk ke dalam telinga. Apa lagi, perasaan nggak nyaman juga terasa karena serangganya pasti meronta-ronta.

"Dikasih air atau baby oil nggak papa asal gendang telinganya nggak bolong. Ketahuannya kalau pernah keluar cairan dari telinganya," kata spesialis THT dari RS Pondok Indah, dr Hably Warganegara, SpTHT-KL, yang dilansir dari detik.com, Minggu, 3 Maret 2019.

Baca juga: Rahasia Postur Militer China, Pakai Metode Jarum di Leher Untuk Sempurnakan Posisi, Salah Gerak Tertusuk

dr Hably menjelaskan, sebelum memasukkan air ke telinga harus hati-hati juga. Hak itu dilakukan apakah telinga kamu pernah secara tiba-tiba mengeluarkan cairan tanpa sebab yang menjadi tanda gendang telinga rusak.

Sebab, kalau gendang telinga sudah rusak lalu diberi air malah bikin infeksi dan serangganya makin masuk ke dalam.

Adapun fungsi meneteskan air ke telinga adalah untuk menenggelamkan dan mematikan serangga yang telah masuk. Jadi, jika serangga sudah mati, nantinya akan keluar dengan sendiri dengan 'dorongan' dari air tersebut.

Baca juga: Tahukah Kamu Bahwa Gergaji Mesin Diciptakan Untuk Bantu Proses Melahirkan Bukannya Potong Kayu?

"Intinya di tenggelamkan, dimatikan. Kadang-kadang yang datang ke kita juga kita kasih cairan semprotan anti nyeri yang ada airnya," tuturnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...