95 Item Usulan Prioritas di Musrenbang, Ini Harapan Bupati Mursini

Replizar
Kamis, 21 Maret 2019 | 10:29 WIB
Bupati Mursini saat membuka Musrenbang/zar R24/zar Bupati Mursini saat membuka Musrenbang/zar

RIAU24.COM -  TELUK KUANTAN - Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Kuantan Singingi, dilaksanakan di Aula SMAN Pintar Teluk Kuantan, Rabu (20/3) kemarin.

Dibuka secara langsung oleh Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, M.Si, dihadiri Forkopimda, Anggota DPRD Provinsi Riau, Wakil Ketua DPRD Kuansing, Sekdakab Kuansing, Kepala Bappeda Provinsi Riau, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Bappeda Litbang Kuansing, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kabag, Kabid, Camat, Kasubbag, Kades, BPD dan lainnya.

Sedangkan Thema yang diangkat pada Musrenbang ini adalah "Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, Pemantapan Infrasturktur, Pemantapan Aparatur Pemerintah, Peningkatan Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat.

Baca juga: Zona Penyebaran Covid-19 di Kuansing, Terbagi Dalam Empat

Bupati Kuansing Mursini, menyebutkan Musrenbang ini merupakan wadah untuk menyampaikan usulan, untuk disusun dan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang yang mengedepankan azas Profesionalisme, akuntabilitas, dan prioritas.

Dirinya juga menekankan kepada Bappeda Litbang, agar dapat mengklasifikasi semua usulan masyarakat pada saat musrenbang tingkat Kecamatan yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu. "Klasifikasikan mana usulan masyarakat yang menjadi kewajiban Provinsi, dan mana usulan yang merupakan kewajiban Kabupaten," Jelasnya.

Mursini juga menyampaikan usulan dari masyarakat terus meningkat, baik dari segi jumlah usulan maupun segi anggarannya. Tahun 2019 sekitar 95 item usulan prioritas, untuk 384 titik lokasi. Dari semua usulan itu, 68 usulan pembangunan jalan (aspal) sepanjang 150 Km, sementara kemampuan keuangan daerah hanya sekitar 50 Km per tahun.

Baca juga: Dua Meninggal, 77 Terkonfirmasi dan 26 Pasien Sembuh Covid-19

"Untuk itu, harus diperhatikan mana yang prioritas, sehingga bisa diakomodir sesuai kemampuan daerah. Untuk itu, seluruh kepala OPD agar berkonsultasi bersama Bappeda Litbang, agar penyusunan sesuai kebutuhan dan kemampuan dan sampaikan kepada masyarakat kondisi kemampuan daerah kita," tukasnya.(***)


R24/phi/zar


Informasi Anda Genggam


Loading...