Asita Riau Prediksi Penumpang Maskapai Turun, Tren Jalur Darat dan Kirim THR Meningkat

Riki Ariyanto
Senin, 27 Mei 2019 | 09:30 WIB
Ketua Asita Riau, Dede Firmansyah (foto/int) R24/riki Ketua Asita Riau, Dede Firmansyah (foto/int)

RIAU24.COM - Senin 27 Mei 2019, Association of Indonesia Tour and Travel Agency (Asita) Provinsi Riau memprediksi ada perubahan tren yang terjadi sebelum momen mudik. Terutama mulai beralihnya penumpang maskapai ke jalur darat.

Baca juga: Provinsi Riau Masih Bertengger di Urutan Teratas Penambahan Covid-19 di Sumatera Hari Ini


Hal itu disampaikan Ketua Asita Riau, Dede Firmansyah. "Melihat tren saat ini, sepertinya yang meningkat itu mudik lewat darat dan mengirim uang ke kampung," katanya.

Dede menyebut fenomena itu gara-gara harga tiket pesawat yang naik sejak akhir tahun 2018. Kemudian publik terus mengeluh sejak awal tahun hingga jelang puasa.

Baca juga: Masih Bertambah 1.000 Kasus, Angka Covid-19 di Riau Bergerak ke 90 Ribu

Baru kemudian pemerintah menerapkan penurunan Tarif Batas Atas (TBA) bagi seluruh maskapai dari 12 persen hingga 16 persen. "Kebijakan penurunan TBA baru dilakukan awal puasa. Sementara pemudik sudah mempersiapkan pulang kampung jauh-jauh hari. Makanua kita prediksi itu yang naik mudik lewat jalur darat dan mengirim uang ke kampung," sebutnya.

"Jadi dengan fenomena yang ada, prediksi kita arus mudik tahun ini akan turun ketimbang tahun 2018," sebut Ketua Asita Riau, Dede.

Oleh sebab itu Ketua Asita Riau, Dede Firmansyah berharap harga-harga tiket pesawat tetap bisa dijangkau hingga momen arus balik.


Informasi Anda Genggam


Loading...