Jenazah Tiba di Cikeas, Begini Cerita Mengharukan SBY Tentang Detik-detik Wafatnya Ani Yudhoyono

Siswandi
Sabtu, 01 Juni 2019 | 23:25 WIB
Presiden ke-6 RI SBY menerima kunjungan sejumlah tokoh, beberapa saat setleah istri tercinta wafat. Foto: int R24/wan Presiden ke-6 RI SBY menerima kunjungan sejumlah tokoh, beberapa saat setleah istri tercinta wafat. Foto: int
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Ada cerita mengharukan saat detik-detik Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono meninggal dunia. Hal itu dituturkan langsung sang suami, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga Presiden ke-6 RI tersebut.

Hal itu terungkap dalam rekaman video dari mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, Sabtu 1 Juni 2019. Rekaman itu diterima detik, beberapa saat setelah Ani meninggal dunia di National University Hospital Singapura .

Baca juga: Jelang Idul Adha, Harga Cabai Masih Tinggi Diikuti Harga Telur Ayam

Di ruang tersebut tampak jenazah Ani terbaring di atas tempat tidur. Di sekelilingnya ada SBY dan kedua putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) serta Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas. Djoko Suyanto sendiri tampak berdiri di samping SBY.

Ada juga besannya Hatta Rajasa, serta kedua menantu SBY Annisa Pohan dan Aliya Rajasa, serta cucu SBY. Juga tampak Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Mata SBY yang mengenakan kemeja lengan panjang putih dan peci hitam, tampak sembab saat bercerita saat perpisahan terakhir dengan belahan jiwanya itu.

"Tadi kembalinya (Ani Yudhoyono meninggal-red) tenang sekali, di sini juga. Saya bisa berkomunikasi yang terakhir, panjang lebar. Meskipun deep sleep, air matanya di sini," ujar SBY sambil menunjuk ujung pelipis mata kiri istrinya.

"Seolah ada pertautan batin. Air mata saya pun sempat jatuh. Air mata cinta, air mata kasih, air mata sayang. Baru setelah itu kembali...," sambung SBY.

Djoko Suyanto tampak mengelus punggung SBY dan kemudian memeluk berusaha menenangkan SBY. Demikian pula Ibas, dia ikut mengelus lengan kanan ayahnya itu. SBY tampak mengusap pelan dahi dan rambut istrinya.

Sebelumnya, SBY dalam jumpa pers di KBRI Singapura, mengungkapkan sebenarnya banyak keinginan Ani yang hendak diwujudkan, jika sembuh dari kanker darah. Namun Allah SWT ternyata berkehendak lain.

SBY juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan ucapan belasungkawa atas kepergian istrinya. Dia memohon agar masyarakat ikut mendoakan Ani Yudhoyono tenang di alam kubur dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Baca juga: Vaksinasi Booster Segera Jadi Syarat Wajib Masuk Fasilitas Publik

Tiba di Cikeas
Sementara itu, jenazah Ani Yudhoyono sudah tiba di kediaman Cikeas, Bogor, malam ini sekitar pukul 23.06 WIB.

Warga sekitar tampak ramai di sekitar Puri Cikeas. Sejumlah tokoh juga tampak hadir melayat di antaranya Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Salim Segaf Al-Jufri, Wali Kota Bogor Bima Arya, Mantan Kapolri, Komjen (Purn) Badrodin Haiti, Istri Wapres Jusuf Kalla (JK), Mufidah Kalla, hingga Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

Putra SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) tampak berada di dalam ambulans pembawa jenazah Ani Yudhoyono. Sementara SBY berserta dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada di mobil lain. ***

 


Informasi Anda Genggam


Loading...