Mengenang Sejarah Awal Pekanbaru, Ayat Cahyadi Ziarah ke Makam Sultan Siak

Riki Ariyanto
Minggu, 23 Juni 2019 | 17:56 WIB
Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi berziarah ke makam sultan-sultan Kerajaan Siak (foto/surya) R24/riki Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi berziarah ke makam sultan-sultan Kerajaan Siak (foto/surya)

RIAU24.COM - Minggu 23 Juni 2019, Hari ini bertepatan dengan Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 235. Mengenang sejarahnya, Wakil Wali Kota (Wawako) Pekanbaru Ayat Cahyadi berziarah ke makam para Sultan Siak Sri Indrapura yang berlokasi di samping Masjid Raya, Minggu (23 Juni 2019).

Baca juga: Klinik Kecantikan dr. Vee Pekanbaru Hadirkan ‘Vampire Treatment’

Ziarah ini sebagai penghormatan kepada para Sultan Siak yang telah mendirikan Pekanbaru. Ziarah itu dilakukan Ayat Cahyadi sebelum menghadiri rapat paripurna istimewa, dalam rangka HUT ke-235 Pekanbaru.

Seperti diketahui, Sultan Siak ke IV memindahkan istananya dari Mempura ke Senapelan. Di sini, sebuah pekan (pasar) didirikan. Hanya saja, pasar ini tidak ramai ketika itu. "Yang dalam catatan sejarah oleh Imam Suhil yaitu bertepatan pada hari Selasa, pada 23 Juni 1784 atau 21 Rajab 1204 Hijriah," sebut Ayat.

Baca juga: Yayasan AHM Kembali Bagikan Beasiswa Bagi Pelajar dan Guru Sebesar Rp 350 Juta

Kemudian, pendirian pasar ini dilanjutkan oleh putera beliau yang bernama Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah. Ia merupakan Sultan Siak ke-V. "Mengenang sejarah itu, maka saya mengajak kepada semua para kepala OPD untuk mendoakan para pendiri kota ini. Agar, Allah SWT menerima seluruh amal baik dan mengampuni seluruh kesalahannya," lanjut Ayat.

Dalam kompleks makam marhum Pekanbaru terdapat makam Sultan Muhammad Abdul Jalil Mu'azamsyah (Marhum Pekan). Yang merupakan Sultan ke-V dari Kerajaan Siak Sri Indrapura. 

Kemudian, ada makam makam Sultanna Khodijah (istri Marhum Bukit), Syaid Syarif Usman Shabuddin (Marhum Barat), makam Tengku Pangeran Kesuma Dilaga, makam Tengku Embong Badari'ah (Istri Syaid Usman), dan makam Sultan Abdul Jalil Alamuddinsyah (Marhum Bukit).


Informasi Anda Genggam


Loading...