riau24

Pelajari Pembuatan Minyak Serai, Anggota Satgas TMMD: Minyak Serai Miliki Nilai Jual

Rabu, 17 Juli 2019 | 17:44 WIB
Anggota Satgas TMMD ke 105, Serda Aan Setiawan saat mempelajari pembuatan minyak serai bersama warga R24/ibl Anggota Satgas TMMD ke 105, Serda Aan Setiawan saat mempelajari pembuatan minyak serai bersama warga

RIAU24.COM - Tanaman serai merupakan salah satu tanaman rempah yang mudah ditanam. Biasanya, serai sendiri banyak digunakan untuk bahan dapur.

Ternyata, serai ini sendiri memiliki segudang manfaat lain, seperti aromaterapi, obat anti ketombe, obat anti jamur, dan dapat digunakan untuk membersihkan lemak pada piring atau panci setelah melalui proses pengolahan.

Hal itulah yang dipelajari oleh salah satu Satgas TMMD 105. Serda Aan Setiawan Babinsa Koramil 10/Kunto Darussalam saat ikut serta membuat minyak serai dirumah salah satu warga Desa Pasir Luhur,  Kec. Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Rabu 17 Juli 2019.

BACA JUGA : Cegah Meluasnya Dampak Covid-19, Rohul Bicara Siapkan Sembako Bagi Masyarakat Kurang Mampu


Pembuatan minyak serai dilakukan dengan cara penyulingan. Proses penyulingan diawali dengan memasukkan air  terlebih dahulu hingga batas yang  diinginkan. Pada water and steam distillation, air dimasukkan hingga mendekati batas sarangan. 

Selanjutnya, masukkan bahan ke dalam ketel suling,  sebelum proses penyulingan dimulai, pastikan bahwa semua sambungan, lubang inlet maupun outlet telah tertutup rapat.

Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kebocoran yang berakibat keluarnya semburan liar uap dan terbuangnya uap serai tersebut. Selanjutnya, pastikan bahwa air dalam kondensor telah tersedia dalam jumlah yang diperlukan, ketersediaan air ini penting untuk memperlancar proses kondensasi.

BACA JUGA : Cegah Meluasnya Dampak Covid-19, Rohul Bicara Siapkan Sembako Bagi Masyarakat Kurang Mampu


Serda Aan Setiawan berharap home industry pembuatan minyak serai ini mendapatkan perhatian oleh pemerintah daerah dan hal ini bisa menjadi sumber pendapatan tambahan bagi warga Desa Pasir Luhur.

"Semoga pihak pemerintah bisa menangkap hal ini, hampir  90% di setiap rumah-rumah penduduk di desa pasti ada tanaman serai. Jika hal ini bisa memiliki nilai jual yang baik setelah melalui pengolahan, kami yakin hal ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan," kata dia.

Penulis: R24/ibl

TMMD


Loading...