riau24

Di Riau, Rokan Hilir jadi Daerah Terbanyak Masyarakat Penganut Penghayat Kepercayaan

Jumat, 26 Juli 2019 | 15:24 WIB
Ilustrasi R24/ibl Ilustrasi

RIAU24.COM - Dari lima daerah penyebaran masyarakat yang menganut penghayat kepercayaan di Riau, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menjadi daerah yang terbanyak.

"Disusul Kota Pekanbaru dengan jumlah 106 jiwa dengan 26 Kepala Keluarga (KK)," Kata Plt Pelestarian Adat dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Tengku Zul Efendi, Jumat, 26 Juli 2019.

Kemudian Kabupaten Bengkalis berjumlah 56 jiwa dengan 13 KK, Kabupaten Siak 53 jiwa dan 10 KK dan terakhir Kota Dumai dengan 29 jiwa dengan 6 KK.

BACA JUGA : Simpang Siur Info Corona Antara Pemko Pekanbaru dan Pemprov Riau, Jubir Covid-19: Kita Berpegang Data Pusat


"Sehingga totalnya menjadi 351 jiwa penghayat kepercayaan dan 79 KK yang telah terdaftar di Dinas Kebudayaan Riau," ucapnya.

Untuk diketahui, penghayat kepercayaan sudah dikenal sebelum Islam, kristen dan agama lainnya masuk ke Tanah Air. Dapat dikatakan bahwa ini merupakan agama asli dari Indonesia.

Sebelumnya, Tengku Zul sempat mengatakan jika jumlah penghayat kepercayaan di Riau berjumlah 100an orang, kini bertambah setelah dirinya membuka kembali data yang telah terekam.
BACA JUGA : SBY Kritik Telegram Polri Soal Penghina Presiden, Rizal Ramli: Mungkin Jokowi Tak Pernah Berjuang Untuk Demokrasi

Diperkirakan, jumlah tersebut akan terus bertambah karena masih banyak masyarakat penghayat kepercayaan yang belum melaporkan keberadaannya pada Dinas Kebudayaan Provinsi Riau.

"Ini adalah data terbaru untuk bulan Februari 2019. Untuk jumlah penghayat kepercayaan yang telah melapor pada kami berjumlah 351 jiwa," tutupnya.

Penulis: R24/ibl



Loading...