Usai dilantik Beberapa Jam, Pj Sekda Siak Buka Bimtek Perpustakaan

Lina
Senin, 29 Juli 2019 | 20:33 WIB
Penjabat (pj) Sekda Siak Jamaluddin buka Bimtek Perpustakaan/lin R24/lin Penjabat (pj) Sekda Siak Jamaluddin buka Bimtek Perpustakaan/lin

RIAU24.COM -  SIAK - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Siak menggelar Bimbingan Teknis dengan Temas "Strategi Pengembangan Perpustakaan dan TIK untuk Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial" di Hotel Grand Mempura Siak Sri Indrapura, Senin (29/07/2019).

Pj Sekretaris Daerah Siak Jamaluddin usai dilantik beberapa Jam oleh Bupati Siak Alfedri Di kantor Bupati Siak langsung mendapat tugas dari pimpinan untuk membuka acara Bimbingan Teknis yang ditaja oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Siak

Penjabat (pj) Sekda Siak Jamaluddin, dalam sambutanya mengtakan, Di era serba modern saat ini. Sudah waktunya perpustakaan harus di kelola  dengan benar. Salah satu poin pembangunan manusia melalui pengurangan ke miskinan dan peningkatan pelayann dasar.

Baca juga: Lantik Pengurus Mabiran, Kwarran dan LPK di Dua Kecamatan, Ini Pesan Kawarcab Siak

"Tentunya hal itu dapat kita lakukan melalui transpomasi perpustakaan berbasis Inklusif sosial yaitu literasi untuk Kesejahteraan melalui, pendampingan masyarakat untuk literasi informasi, pemerataan layanan perpustakaan daerah dan di kampung,"ungkap Jamaluddin.

Lanjutnya, Perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan, pusat kegiatan masyarakat dan pusat kebudayaan. Hendaknya dijadikan wadah bagi masyarakat dalam mencari solusi dan update pengetahuan.

"Kita mengharapkan perpustakaan yang akan diterapkan di kampung-kampung dapat berdaya guna dan di rancang agar minta masyarakat dalam membaca buku dapat meningkat,"Ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Siak Muhammad Arifin mengtakan,  tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan kepada petugas perpustakaan kampung dan sekolah tentang pengenalan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial sesuai dengan program Perpustakaan Nasional RI.

Baca juga: Pemkab Siak Targetkan Angka Stunting 2024 Menurun Jadi 14 Persen

"Kita menginginkan perpustakaan kampung dan sekolah menjadi tempat pembelajaran dan pelatihan masyarakat, karena itu, petugas perpus nya hari ini kita panggil untuk melaksanakan  bimtek,"terangnya.

Bimtek yang di rencanakan berlangsung dua hari itu diikuti 30 orang peserta yang terdiri dari  petugas perpustakaan kampung se-Kabupaten Siak. Serta mendatangkan narasumber dari Perpustakaan Nasional RI Ellon Kendi, S.Si, dan dari Perpustakaan Provinsi Riau Riki Arianto, serta dari Perpustakaan Kabupaten Siak Dede Herwin.***

R24/phi/lin

 


Informasi Anda Genggam


Loading...