Perpustakaan Daerah Siak Gelar Rapat Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inkluisi

Lina
Rabu, 07 Agustus 2019 | 11:53 WIB
Rapat Stake holder program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial /lin R24/lin Rapat Stake holder program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial /lin

RIAU24.COM -  SIAK - Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak mengelar Rapat Stake holder program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang dilaksanakan oleh konsultan pengawas dari Perpusnas Jakarta, yang dibuka oleh H.Zulfikri S.So Staf Ahli Pemerintahan dan Hukum Kabupaten Siak,

Zulfikri mengharapkan kepada seluruh peserta rapat steikholder transformasi perpustakaan yg hadir hari ini,  untuk dapat membangun dukungan dan komitmen dari Steikholder untuk pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial ini, baik di perpustakaan daerah maupun di perpustakaan kampung yang ada di Kabupaten Siak Tahun 2019.

Kabupaten Siak sendiri, merupakan salah satu dari Tiga Kabupaten Kota Di Provinsi Riau yang  mendapat program program transformasi perpustakaan dari perpusnas jakarta untuk Enam  Kampung yang ada di Enam Kecamatan di Siak.

Baca juga: Lantik Pengurus Mabiran, Kwarran dan LPK di Dua Kecamatan, Ini Pesan Kawarcab Siak

Yang Mana Nantinya Enam perpustakaan kampung tersebut diharapkan mampu menjadi studi tiru untuk  perpustakaan kampung yg lain yg ada di Kabupaten Siak Hingga Nasional.

Karena itu nantinya progam kerja yg telah direncanakan oleh pengelola perpustakaan kampung tahun 2019, walaupun saat ini  belum ada anggarannya namun nantinya akan diminta kepada para penghulu dan camat untuk dapat mendukung , dengan memberikan solusi membuat trobosan melalui advokasi dengan pihak swasta dan lembaga lainnya agar nantinya program yg direncanakan dapat terlaksana dg baik.

Selanjutnya  kepala dinas perpustakaan kab.siak Drs. H. Muhammad Arifin M.Si yang menjadi salah satu narasumber juga menyampaikan, bahwa perpustakaan saat ini tidak dipersepsikan lagi sebagai tempat penyimpanan buku dan tempat ruang baca akan tetapi dengan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial ini, merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yg berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan serta meningkatkan literasi informasi berbasik TIK baik di perpus daerah maupun kampung.

Baca juga: Pemkab Siak Targetkan Angka Stunting 2024 Menurun Jadi 14 Persen

"Kita berharap perpustakaan daerah kab siak dan perpustakaan kampug  dalam pelaksanaan progran transpormasi perpustakaan ini, sebagai  Perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan, pusat kegiatan masyarakat dan pusat kebudayaan, yang mana Perpustakaan dirancang lebih berdayaguna bagi masyarakat,Perpustakaan juga nantibya diharapkan  menjadi wadah menemukan solusi dari permasalahan kehidupan, Perpustakaan diharapkan mampu memfasilitasi dalam mengembankan potensi masyarakat,"ujarnya.

Selanjutnya sesuai rencana kerja pemerintah tahun 2019 Yang menjadi sasaran dan kebijakan pembangunan perpustakaan adalah ,sasarannya  meningkatkan kualitas layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk kesejahteraan dengan kebijakan yaitu pengembangan transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi.***


R24/phi/lin


Informasi Anda Genggam


Loading...