Ketua PKB Riau Abdul Wahid: Tidak Masuk Akal UAS Dilaporkan Ke Polisi

Riko
Senin, 19 Agustus 2019 | 19:45 WIB
Abdul Wahid R24/riko Abdul Wahid
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Ketua DPW PKB Riau Abdul Wahid menilai tidak ada yang salah dengan ceramah ustaz Abdul Somad (UAS) yang menyinggung soal Salib. Menurutnya pidato yang disampaikan UAS itu berlangsung di ruangan tertutup yang ketika itu UAS memberikan penjelasan kepada masyarakat yang ragu akan simboli itu. 

Baca juga: Sudutkan Pemrov Riau Soal Banjir Pekanbaru, Iwan Fatah Minta Roni Pasla Ngomong Pakai Data

"Tidak ada yang salah, beliau ceramah di ruangan tertutup. Dan UAS memberikan penjelasan yang diragukan masyarakat dan beliau menjawabnya karena kewajiban seseorang yang tahu, " kata Wahid saat dihubungi Riau24. com. Senin 19 Agustus 2019.

Jadi apa yang dilaporkan oleh ormas katolik NTT itu kepada Polisi menurutnya tidak masuk akal lantaran tidak ada yang melanggar hukum. 

"UAS kan menyampaikan ceramahnya di komunitas muslim di ruang tertutup jadi tidak masuk akal dan tidak bertentangan dengan hukum jika dilaporkan ke polisi.  Tapi jika UAS menyampaikan di ruangan komunitas lain beda seperti Seminar yang dihadiri berbagai elemen, baru itu salah," ujar sahabat UAS ini. 

Kepada aparat hukum, anggota DPRD Riau ini yakin aparat kepolisian profesional dalam menyelesaikan masalah ini. Dan dirinya yakin masalah ini tidak layak di proses karena tidak ada yang melanggar hukum pidananya. 

Sebelumnya Dua organisasi massa Katolik di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, yakni Forum Komunikasi Alumni (Forkoma) PMKRI dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Maumere melaporkan Ustaz Abdul Somad (UAS) ke Mapolres Sikka pada Sabtu sore 17 Agustus 2019.

Baca juga: Moge Dikawal Polisi di Tol Pekanbaru - Bangkinang, Polda Riau: Masih Dalam Pengerjaan, Siapa Saja Boleh Lewat Dengan Izin

Adapun penyebab pelaporan itu diduga karena UAS telah menistakan salib dan patung yang merupakan simbol agama Katolik dan Kristen Protestan dalam ceramahnya. Adapun, video ceramah UAS kini tersebar luas di media sosial. 

 


Informasi Anda Genggam


Loading...