Asita Riau: Dampak Ibu Kota Pindah, Penerbangan Langsung ke Kalimantan Dibuka

Riki Ariyanto
Sabtu, 31 Agustus 2019 | 14:59 WIB
Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau, Dede Firmansyah (foto/int) R24/riki Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau, Dede Firmansyah (foto/int)

RIAU24.COM -  Sabtu 31 Agustus 2019, Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau, Dede Firmansyah menyebut pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) memberi efek positif. Salah satu dampak pemindahan ibu kota oleh pemerintahan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu bakal dibukanya penerbangan langsung ke wilayah Kalimantan.

Hal itu dianggap menguntungkan Provinsi Riau yang notabene juga dikenal sebagai wilayah perkebunan sawit dan tambang. "Kalimantan itukan dikenal juga banyak perkebunan dan ada tambang. Jadi kalau Ibu Kota Pindah ke Kaltim tentu nantinya bakal tersedia penerbangan langsung ke Pulau Kalimantan. Kalau selama ini kan dari Riau mau ke Kalimantan kan harus transit dulu ke pulau Jawa. Sehingga membuat ongkos lebih mahal," sebut Ketua Asita Riau, Dede.

Baca juga: DJPb Riau Sebut Realisasi Dukungan Pendanaan Untuk Belanja Kesehatan dan Prioritas di Riau Rendah



Dirinya juga menyebut dengan adanya penerbangan langsung ke Kalimantan, juga berpotensi bertambahnya wisatawan atau pelancong baik yang ke Kalimantan atau pun dari Kalimantan ke Riau. "Sangat potensial sekali. Apalagi Riau selain wisata alam dan MICE (Meeting Incentive Convention Exhibition), juga kaya dengan budaya. Di Kalimantan begitu juga, jadi selain terhubung semakin dekat juga sangat potensial sekali untuk prospek bisnis baru terutama bagi biro perjalanan atau industri kreatif," sebutnya.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Hari Ini: Waspada 3 Daerah di Riau Berpotensi Cuaca Ekstrem



Untuk mewujudkan itu semua Dede Firmansyah berencana akan intens berkomunikasi dengan Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) di Kalimantan untuk saling bertukar informasi. "Kita akan komunikasi dengan Asita setempat untuk saling bertukar informasi dan tentunya bekerjasama dalam memajukan satu sama lainnya," kata Dede.


Informasi Anda Genggam


Loading...