Kabut Asap Pekat Muncul Lagi di Pekanbaru, Asita Riau Khawatir Bencana 2014 Terulang

Riki Ariyanto
Jumat, 06 September 2019 | 20:07 WIB
Ketua Asita Riau, Dede Firmansyah bersama Gubernur Riau, Syamsuar R24/riki Ketua Asita Riau, Dede Firmansyah bersama Gubernur Riau, Syamsuar

RIAU24.COM - Jumat 6 September 2019, Kabut asap kembali menyelimuti Kota Pekanbaru sejak akhir pekan lalu. Meski belum menganggu penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, namun Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau tetap khawatir.

Seperti yang dikatakan Ketua Asita Riau, Dede Firmansyah. "Tentu kita khawatir bencana kabut asap lima tahu lalu (2014) terulang. Bandara tutup, bisnis penerbangan lumpuh. Ada korban jiwa, ribuan orang kena ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Jadi wajar kita khawatir dengan melihat kabut asap yang kembali muncul ini," sebut Dede Firmansyah.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Hari Ini: Waspada 3 Daerah di Riau Berpotensi Cuaca Ekstrem

Dirinya mengapresiasi upaya berbagai pihak baik aparat serta pemerintah daerah. Namun melihat peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Dede berharap agar pelakunya ditindak tegas.

"Harus ditindak tegas pelaku, dan yang paling penting otak atau dalang yang menyuruh membakar. Karena bukan tidak mungkin ada pihak yang menyuruh membakar lahan. Itu juga harus ditindak tegas," sebutnya.

Baca juga: DJPb Riau Sebut Realisasi Dukungan Pendanaan Untuk Belanja Kesehatan dan Prioritas di Riau Rendah

Selain itu juga untuk Ketua Asita Riau Dede berharap Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dapat mengintruksikan seluruh kepala daerah supaya serius menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Tentu Gubernur Riau Syamsuar kita berharap supaya bisa mengkomunikasikan dengan kepala daerah yang rawan Karhutla untuk benar-benar mencegah. Sehingga bencana kabut asap 2014 lalu tidak terulang," harap Dede.


Kabut Asap
Informasi Anda Genggam


Loading...