riau24

Dicampur Air Panas Madu Bisa Hilang Khasiatnya? Ternyata Ini Jawabannya

Sabtu, 07 September 2019 | 20:55 WIB
Khasiat madu tidak berubah sekalipun dicampur dengan air hangat (foto/int) R24/riki Khasiat madu tidak berubah sekalipun dicampur dengan air hangat (foto/int)

RIAU24.COM -  Sabtu 7 September 2019, Madu sudah lama dikenal untuk kesehatan. Bahkan umat Islam selain kurma juga dianjurkan mengkonsumsi madu, karena ada berbagai khasiat yang terkandung dari madu lebah.

Namun tak jarang juga orang salah kaprah menganai madu. Ada anggapan kebanyakan orang bahwa madu bisa rusak kualitasnya jika dicampur air hangat atau panas.


space

BACA JUGA : Dianggap Sebagai yang Paling Potensial Pembawa Virus Corona, Hewan Ini Justru Diselamatkan dan Dilarang Diperjualbelikan




Dokter Zaidul Akbar membantah bahwa madu bisa hilang khasiatnya jika dicampur air hangat atau panas. Jawaban Dokter Zaidul itu divideokan channel youtube @Sobat herbal dengan judul 'Cara minum madu yang benar'. Video ini sudah ditonton lebih dari 61 ribu kali.

Dokter Zaidul Akbar menjelaskan madu tidak rusak kalau hanya dicampur air hangat atau air yang panasnya di bawah 100 derajat celcius. "Kalau panas air di atas 100 derajat celcius, itu baru bisa merusak. Kalau madu campur air panas (di bawah 100 derajat) boleh, saya senang (madu) pakai air hangat," jawabnya.

space

BACA JUGA : Ketika Kekuatan Sperma Pria Indonesia Jadi Bahan Olok-Olok Netizen di Media Sosial, Disamakan Dengan Ikan Hiu

space

Kemudian Dokter Zaidul Akbar juga bilang tidak ada pengaruh yang signifikan mengkonsumsi madu pakai sendok stainless atau kayu. "Kalau sendok stainless atau kayu, tidak signifikan mengubah komposisi di madu. Terserah mau minum madu pakai semdok kayu atau stainless," sebutnya.

"Kalau bagusnya minum madu sebelum makan atau minum. Berapa kali, kalau saya sarankan seperti waktu shalat wajib, lima kalu sehari. Kecuali ada yang kondisi melarangkan anda untuk konsumsi banyak," jelas Dokter Zaidul Akbar kemudian.

Penulis: R24/riki



Loading...