Asri Auzar Sebut Kabut Asap Di Riau Merupakan Kiriman Dari Jambi

Riko
Jumat, 13 September 2019 | 16:50 WIB
Asri Auzar R24/riko Asri Auzar

RIAU24.COM -  Anggota DPRD Riau Asri Auzar mengatakan jumlah titik api di provinsi Riau sudah semakin sedikit. Menurutnya kabut asap yang tebal menyelimuti Riau saat ini merupakan kiriman dari provinsi Jambi. 

Baca juga: Hari Ini, Hanya Rokan Hilir yang Terdapat Titik Panas di Provinsi Riau

"Saya lihat laporan dari BPBD pak Edward Sanger bahwa Riau titik api di Riau titik apinya sudah sedikit yang banyak itu Jambi dan Palembang namun imbasnya angin bertiup ke Riau asapnya juga ikut, " kata Asri.  Jumat 13 September 2019.

Tapi meskipun demikian Dirinya hanya menekankan kepada aparat hukum agar segera menindak pelaku pembakar hutan dan lahan di Riau dan mengadili seadil-adilnya. 

"Tapi intinya Saya hanya menekankan tegakkan hukum seadil-adilnya,  cukong-cukong, perusahaan - perusahaan dalam pemberitaan ini ditangkap jangan hanya yang kecil-kecil saja ditangkap, "ungkap Asri. 

Sementara itu Jumat 13 September 2019, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada ratusan hotspot atau titik panas di Provinsi Riau. Paling banyak berasal dari Indragiri Hilir (Inhil), Indragiri Hulu (Inhu), dan juga Pelalawan.

"Hotspot atau titik panas di Riau dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen ada 239 titik. Tersebar di Inhil 127 titik, Inhu 31 titik, dan Pelalawan 30 titik,"kata petugas BMKG Stasiun Pekanbaru, Bibin Sulianto. 

Baca juga: Provinsi Riau Catat 9 Pasien Covid-19 Meninggal Dunia, Berikut Ini Sebarannya

Kemudian titik api juga ditemukan di Bengkalis 7 titik, Kampar 11 titik, Dumai 1 titik, Kuansing 11 titik, Rohil 18 titik, dan Siak 3 titik. Sementara itu hotspot Riau tingkat kepercayaan di atas 70 persen atau titik api ada 177 titik. Tersebar di Bengkalis 6 titik, Kampar 8 titik, Kuansing 9 titik, Pelalawan 21 titik, Rohil 13 titik, Siak 2 titik, Inhil 98 titik, dan Inhu 20 titik.


kabut asap
Informasi Anda Genggam


Loading...