IDI Riau Rekomendasikan Kabut Asap Jadi Bencana Nasional

Riki Ariyanto
Minggu, 15 September 2019 | 12:09 WIB
Ketua IDI Riau, dr Zul Asdiz (foto/riki) R24/riki Ketua IDI Riau, dr Zul Asdiz (foto/riki)

RIAU24.COM -  Minggu 15 September 2019, Melihat ancaman yang nyata, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Riau merekomendasikan supaya kabut asap di Provinsi Riau sebagai bencana nasional. Hal tersebut diperlukan supaya penanganan Karhutla yang jadi biang keladi kabut asap parah diselesaikan oleh pemerintah pusat.

Baca juga: Total Kasus Covid-19 di Riau Sudah Capai 6.577 Kasus, Berikut ini Rinciannya



Hal itu ditegaskan Ketua IDI Riau, dr Zul Asdiz usai menggelar pertemuan bertema 'Tinjauan Medis Bahaya Paparan Asap Terhadap Kesehatan' akhir pekan lalu. "Kita akan merekomendasikan secara tertulis ke eksekutif agar kabut asap ini ditetapkan bencana nasional. Sehingga semua unsur bisa turun sesegera mungkin. Dan kita sudah dapat dukungan dari beberapa anggota DPRD Riau," jelasnya.

Baca juga: Ringankan Beban, IZI Riau Bantu Anak Yatim dan Dhuafa Dapat Bantuan Akses Internet



Disampaikan dr Zul Asdiz pertimbangan pihaknya yaitu melihat angka Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Provinsi Riau yang sudah masuk ke dalam kategori tidak sehat. "Kita melihatnya dari sisi kesehatan, ini perlu penanggulan sesegera mungkin, lebih berat dari emergency," kata dokter rumah sakit Awal Bros ini.

Selain itu, dr Zul Asdi yang turut mewakili suara dokter lainnya meminta supaya pemerintah tegas menangani permasalahan kebakaran hutan dan lahan, terutama jika berkaitan dengan perusahaan. "Kita minta ketegasan pemerintah segera melakukan aksi nyata supaya api mati, karena telah beberpa hari terjadi asap dengan ISPU yang cukup tinggi," harap dr Zul Asdi. 



Informasi Anda Genggam



Loading...