riau24

Wajib Kaget, Puluhan Juta Data Penumpang Grup Lion Dikabarkan Bocor

18 Sep 2019 | 13:06 WIB
Ilustrasi R24/wan Ilustrasi

RIAU24.COM -  Anda kerap menggunakan maskapai Lion Air dan grupnya? Bila mendengar kabar ini, Anda mungkin bakal kaget. Sebab, puluhan juta data pelanggan dari dua maskapai penerbangan yang dikelola Lion Air, dikabarkan telah bocor di sebuah forum online. Kabarnya, kejadian itu telah berlangsung sejak sebulan belakangan ini.

Dilansir detik, yang mengutip laman, blog teknologi BleepingComputer, Rabu 18 September 2019, data yang bocor itu terdiri dari informasi kartu tanda penduduk atau KTP penumpang, alamat, nomor telpon, email hingga nomor paspor.


BACA JUGA : Terungkap, Ini Pihak-pihak yang Menyambut Gembira Dipecatnya Dirut Garuda, Alasannya Beragam


Data-data tersebut diakses dari sebuah penyimpanan virtual Amazone Web Service yang dibuka via web.

Lebih lanjut, dalam blog itu juga diterangkan, data yang bocor terbagi dalam dua database, pertama berisi 21 juta data dan database lainnya berisi 14 juta data. Semua data tersimpan dalam file backup yang dibuat pada Mei 2019 untuk Malindo Air dan Thai Lion Air.

space

BACA JUGA : Siapa Sangka, Awalnya Hanya Sopir Angkot, Sekarang Pria Ini Menjelma Jadi Orang Terkaya ke-3 di Tanah Air

Namun hingga sejauh ini, belum bisa dipastikan apakah informasi tersebut valid adanya. Pihak Lion Air yang coba dikonfirmasi detik, belum juga mendapat tanggapan, Meski sudah dihubungi via telepon dan pesan Whatsapp, Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang, belum kunjungan memberikan keterangan. ***

 

Penulis: R24/wan





Loading...