riau24

Soal Serangan Kilang Minyak, Saudi Akan Serahkan Bukti Keterlibatan Iran

Riko
Rabu, 18 September 2019 | 13:40 WIB
Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud R24/riko Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud

RIAU24.COM -  Kementerian Pertahanan Arab Saudi akan menyerahkan bukti keterlibatan Iran dalam serangan terhadap fasilitas minyak milik perusahaan Aramco. Fasilitas minyak Arab Saudi diserang oleh sejumlah drone pada akhir pekan lalu yang memicu kebakaran.


BACA JUGA : Bikin Kaget, Setelah Terkenal Karena Kerap Bawakan Lagu Religi, Vokalis Band Ini Sekarang Mengaku Tak Lagi Percaya Tuhan


Menurut stasiun televisi Al Ekhbariya, juru bicara Kementerian Pertahanan Arab Saudi akan memberikan konferensi pers dalam hal ini.

"Bukti keterlibatan rezim Iran dalam serangan terhadap fasilitas Saudi Aramco akan diberikan, serta senjata Iran, yang digunakan untuk melakukan serangan," kata kementerian itu seperti dikutip Sputnik dari stasiun televisi itu, Rabu 18 September 2019.

Selama akhir pekan, Aramco harus menutup dua kompleksnya setelah mereka dihantam oleh serangan drone dan kemudian terbakar. Akibatnya, terjadi penurunan tingkat produksi minyak Saudi hampir setengahnya, yang memicu lonjakan harga minyak di seluruh dunia.

Kelompok pemberontak Yaman, Houthi, mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Namun Amerika Serikat (AS) menyalahkan Iran, yang dengan tegas dibantah oleh Teheran.

BACA JUGA : Bukan China, Inilah Negara Yang Masih jadi Pemberi Pinjaman Terbesar di Dunia

Kementerian Luar Negeri Saudi mengatakan bahwa Riyadh akan mengundang para pakar internasional dan spesialis PBB untuk bergabung dalam penyelidikan atas serangan tersebut ini. (Baca juga: Saudi Undang Pakar Internasional Selidiki Serangan Kilang Minyak)

​​​

Sumber: Sindonews



Informasi Anda Genggam



Loading...