riau24

Masyarakat Kampar Sambut Baik Posko Siaga Darurat Asap Rumah Zakat

Kamis, 19 September 2019 | 22:16 WIB
Posko Rumah Zakat disambut baik warga Kampar (foto/istimewa) R24/riki Posko Rumah Zakat disambut baik warga Kampar (foto/istimewa)

RIAU24.COM -  Rumah Zakat (RZ) melalui Rumah Zakat Action membuka posko darurat asap di Dusun IV Danto Desa Tanjung Bungo kecamatan kampa Kabupaten Kampar.

Melalui relawan inspirasi rumah zakat memberikan laporan daerah desa tanjung bungo merupakan daerah yang cukup dekat dengan titik api kebakaran Karhutla sehingga membuat pencemaran udara berada pada level berbahaya.


BACA JUGA : Alat PCR Akan Tiba, Minggu Depan Labor Covid-19 di RSUD Arifin Achmad Bisa Digunakan




Melihat hal itu rumah zakat turun aksi dengan membuka posko darurat asap dengan layanan pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk ISPA dan pembagian masker kepada masyarakat desa tanjung bungo.

"Posko darurat asap ini bersifat mobile dan sudah berjalan dua hari. Hari pertama di daerah hangtuah pekanbaru dan hari ini daerah kabupaten kampar. Dan insyaAllah posko darurat asap ini akan terus kita buka di titik yang berbeda selama bencana asap terjadi," sebut Tasvo Andre selaku penanggung jawab bagian kesehatan Rumah Zakat Pekanbaru.

BACA JUGA : Kaki Harimau Sumatera Corina yang Kena Jerat Liar di Pelalawan Terancam Diamputasi



Kegiatan ini disambut baik oleh warga desa tanjung bungo. Terutama kepala desa. Kepala dusun. Dinas kesehatan dan perangkat desa lainnya turut hadir membantu dalam kegiatan posko darurat asap.

Manizar selaku Kepala Desa Tanjung Bungo mengatakan sangat senang dengan kedatangan tim kesehatan dari rumah zakat. Karena dengan bantuan kesehatan ini bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama yang terkena ISPA akibat asap karhutla.

"Terima kasih tim rumah zakat. Semoga dengan kegiatan ini dapat mengurangi sakit ISPA yang terjadi d masyarakat," sebutnya.

Selain dari posko mobile, rumah zakat pekanbaru juga membuka posko kesehatan di masjid Raya An-Nur Pekanbaru, kemudian Safe House di rumah Drg. Ratu H Wijaksana di Jl. Taman Sari 2 (seberang masjid nurul salam) dan layanan kesehatan gratis untuk pasien terdampak asap di Klinik Pratama Rumah Zakat Pekanbaru Jl. Nenas/Utama No.11 Sukajadi mulai pukil 09.00 s/d 20.00 WIB (Riki/rilis)

Penulis: R24/riki



Loading...