Antara Pagi dan Malam, Mana Waktu yang Terbaik untuk Olahraga?

M. Iqbal
Minggu, 06 Oktober 2019 | 13:55 WIB
Ilustrasi/net R24/ibl Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Beberapa penelitian menyatakan jika pagi merupakan waktu yang paling baik untuk olahraga. Tapi, pada juga penelitian lain, menyebutkan jika malam hari adalah waktu yang paling tepat untuk olahraga.

Lantas, manakan waktu yang paling baik diantara keduanya? Simak jawabannya yang dikutip dari Klikdokter.com, Ahad, 6 Oktober 2019.

Terkait hal tersebut, dr. Nabila Viera Yovita mengatakan jika olahraga yang dilakukan pagi atau malam hari sama-sama baik untuk kesehatan. Dia menyebutkan, tidak ada yang terbaik di antara dua pilihan waktu untuk olahraga tersebut.

"Asal dilakukan dengan kondisi tubuh yang fit, mau olahraga di pagi atau malam hari, tentu menjadi tidak masalah," kata dr. Nabila.

"Namun, baik di pagi atau malam hari, Anda tetap harus mengondisikan lokasi tempat Anda berolahraga. Pastikan lokasi yang dipilih jauh dari jalan utama, agar tidak banyak polusi udara. Sebab, polusi dapat merusak sirkulasi udara yang masuk dalam saluran napas selama olahraga," jelasnya.

Dia juga mengatakan, ada aturan yang mesti dipatuhi agar olahraga di pagi dan malam hari sepenuhnya bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Ahli Gizi UGM: Batasi Anak Konsumsi Makanan Manis, Cegah Diabetes dan Obesitas 

1. Olahraga di pagi hari
Olahraga di pagi hari jika dilakukan secara rutin dan teratur, dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, olahraga di pagi hari juga mampu menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar, sehingga Anda bisa tidur dengan lebih nyenyak dan berkualitas.

Meski demikian, ada yang perlu diketahui bahwa metabolisme tubuh manusia masih belum bekerja sempurna di pagi hari. Sebab, otot-otot di tubuh Anda cenderung lebih kaku dan tegang saat hendak olahraga di pagi hari. Hasilnya adalah, tubuh membutuhkan waktu pemanasan lebih lama dibandingkan dengan olahraga di waktu lainnya. 

2. Olahraga di malam hari
Selain olahraga di pagi hari, ada juga sebagian orang yang melakukan olahraga di malam hari. Tapi, jika Anda memilih malam hari untuk olahraga, maka konsistensi harus terus dijaga. Sebab, aktivitas yang dilakukan di siang hari bisa menggeser bahkan merusak rencana olahraga malam hari Anda. 

Di malam hari, Anda tidak perlu pemanasan terlalu lama. Hal ini dikarenakan tubuh Anda sudah melakukan ‘pemanasan’ sepanjang hari dengan melakukan berbagai kegiatan.

Baca juga: Peringati Hari Kanker Sedunia, IDI Pekanbaru Gelar Berbagai Kegiatan

Tapi, bukan berarti olahraga di malam hari tidak memiliki kemungkinan efek buruk. Pada saat berolahraga, kerja seluruh sistem tubuh akan meningkat. Akibatnya adalah tubuh perlu waktu lebih lama untuk kembali relaks sebelum Anda beranjak tidur. Inilah yang membuat beberapa orang yang berolahraga di malam hari cenderung mengalami gangguan tidur.

Selain itu, jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, ada baiknya untuk melakukan konsultasi kepada dokter sebelum memutuskan akan berolahraga di pagi atau malam hari.


Olahraga
Informasi Anda Genggam


Loading...