Bertepatan Dengan Hari Santri, Dompet Dhuafa Riau Gelar Silaturrahim Pegiat Zakat dan Bedah Buku

M. Iqbal
Selasa, 22 Oktober 2019 | 16:37 WIB
Kegiatan bedah buku yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Riau disalah satu hotel di Pekanbaru (Foto: Istimewa) R24/ibl Kegiatan bedah buku yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Riau disalah satu hotel di Pekanbaru (Foto: Istimewa)

RIAU24.COM - Diperingatan Hari Santri, Dompet Dhuafa Riau melakukan seminar sekaligus silaturrahim dengan tokoh masyarakat, ulama, dai, media massa, akademisi, dan praktisi zakat, serta seminar. Tak hanya itu, Dompet Dhuafa Riau juga menggelar bedah buku "Sinergi Fikih dan Hukum Zakat, Dari Zaman Klasik Hingga Kontemporer".

Kegiatan yang dihadiri ratusan peserta dari perwakilan MUI, Kementrian Agama Propinsi Riau, dan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Riau, Masrul Kasmi itu menghadirkan penulis bukua KH M Amin Suma, Ketua Baznas Kota Pekanbaru yang juga Guru Besar Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Suska Riau, Akbarizan dan Komisioner Baznas Propinsi Riau dan Ketua PW Muhammadiyah Riau, Saidul Amin.

Pada kesempatan tersebut, penulis yang juga ketua Dewan Syariah Dompet Dhuafa, menjelaskan hal-ihwal zakat, infak, dan sedekah dari sudut pandang fikih dan hukum (undang-undang) zakat. Selain juga menjelaskan masalah perzakatan kontemporer yang kerap masih dipersoalkan oleh sebagian masyarakat.

Baca juga: SK Guru Bantu Dikdas Kabupaten Kuansing Masih Terus Diperjuangkan


Dalam diskusi tersebut, Prof. Akbarizan memberi masukan perlunya ditambah penjelasan terkait had al kifayah baik bagi muzakki maupun mustahik, usulan perbaikan UU Zakat berkaitan dengan muzakki selain pengelola zakat yang tertuang saat ini, dan beberapa objek zakat kontemporer.

Saidul Amin, pembedah II memberi masukan tentang pentingnya pembahasan maqashid syariah, falsafah zakat, dan masukan dalam pengelolaan zakat untuk memperkuat literasi zakat secara komprehensif.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau yang juga ketua Forum Zakat (FOZ) Riau, Ali Bastoni berharap acara seminar dan bedah buku menjadi ajang silaturrahim dan penguat gerakan literasi zakat.

Baca juga: Tiga Daerah ini Berpotensi Hujan Intensitas Sedang Hingga Lebat, BMKG: Disertai Petir dan Angin Kencang

"Selain tentunya wasilah sinergi dalam pembinaan dan pemberdayaan ummat. Semoga, event seperti ini bisa dilaksanakan untuk awareness gerakan zakat," kata dia, Selasa, 22 Oktober 2019.

Sementara Kepala Biro Kesra Provinsi Riau, Masrul Kasmi mengapresiasi adanya acara hari ini dan tentunya langkah-langkah kongkrit yang selama ini sudah terjalin oleh Dompet Dhuafa Riau dan pemerintah daerah dalam syiar zakat dan pemberdayaan umat, baik di perkotaan maupun pelosok Provinsi Riau.


Dompet Dhuafa
Informasi Anda Genggam


Loading...