riau24

Kapolres Serta Dandim 0320 Turut Hadir Sosialisasi Pencalonan KPU Kota Dumai

Jumat, 25 Oktober 2019 | 13:51 WIB
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai mengadakan sosialisasi Pencalonan untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai Tahun 2020 (foto/istimewa) R24/riki Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai mengadakan sosialisasi Pencalonan untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai Tahun 2020 (foto/istimewa)

RIAU24.COM - DUMAI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai mengadakan sosialisasi Pencalonan untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai Tahun 2020. Sosialisasi tersebut dihadiri Komisioner KPU Darwis, Edi Indra, Siti Khadijah, Syafrizal dan Parno.

Serta turut dihadiri oleh Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira, Dandim 0320 Dumai Letkol Inf. Irdhan, SE, MM, Sekretariat Bawaslu, Ketua Partai Politik, perwakilan calon perseorangan  di ruang pertemuan KPU Kota Dumai, Kamis (24 Oktober 2019).


BACA JUGA : Pemko Dumai Anjurkan Penjual Makanan Tidak Layani Konsumen Makan di Tempat




Ketua KPU Dumai Darwis menyampaikan terima kasih ke seluruh pihak yang hadir di acara perdana oleh KPU mengawali tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai Tahun 2020. Darwis sampaikan tahapan pemilihan sudah dimulai diawal November 2019, sementara sosialisasi dilakukan terkait pencalonan dimana, pencalonan bisa melalui perseorangan dan pencalonan melalui partai politik.

Selanjutnya Darwis membeberkan, Kota Dumai di Pemilu serentak tahun 2019 beberapa waktu lalu mendapatkan partisipasi pemilih masyarakat yang cukup tinggi bahkan jauh dari target Nasional yaitu sebesar 77,5 persen, sementara partisipasi pemilih Kota Dumai mencapai 88,47 persen, untuk Provinsi Riau partisipasi pemilih mencapai 84,49 persen dan secara Nasional mencapai 81,93 persen.

BACA JUGA : Besok Angkutan Luar Kota Wajib Masuk Terminal Dumai



“ini menjadi tantangan bagi kami untuk Pemilihan Tahun 2020, semoga partisipasi masyarakat bisa bertahan, bahkan ditingkatkan lagi. Ini bisa dilakukan berkaat kerjasama dan saling mensosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat,” sebut Darwis.

Sementara itu Edi Indra selaku Ketua Devisi Teknis menyampaikan bahwa untuk pencalonan perseorangan jumlah dukungan untuk Kota Dumai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pemilu sebelumnya sebesar 181.039 jumlah dukungan minimal 10 persen dari jumlah DPT. Sementara untuk jalur Partai Politik jumlah kursi sebanyak 20 persen dari total kursi DPRD Kota Dumai. Diwaktu yang sama seluruh ketua Devisi juga menyampaikan tahapan masing-masing yang akan dilalui di Pemilihan 2020.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira berpesan kepada KPU, Bawaslu dan partai politik serta perwakilan perseorangan, untuk mentaati semua aturan yang ada dalam Pemilihan. Sehingga Pemilihan berjalan aman, tertib dan lancar, semua pihak sesuai peran masing-masing.

"Dalam Pemilihan ini yang terlibat adalah saudara kita, tetangga kita dan warga kita untuk itu mari kita jaga ketetiban secara bersama-sama,” pesan Kapolres.

Sementara itu Dandim 0320 Dumai Letkol Inf. Irdhan berpesan kepada KPU dan Bawaslu untuk menjaga dan meningkatkan keberhasilan Pemilu dengan mengedepankan aturan, begitu juga Partai Politik dan peserta Pemilihan untuk menjadikan Pemilu aman, nyaman dan lancar. (Rilis/bie)

Penulis: R24/riki



Loading...