riau24

Dinkes Dumai Imbau Warga Waspadai Demam Berdarah Dengue di Musim Penghujan

Selasa, 29 Oktober 2019 | 11:08 WIB
Warga Kota Dumai diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penyakit Deman Berdarah Dengue (foto/ilustrasi) R24/riki Warga Kota Dumai diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penyakit Deman Berdarah Dengue (foto/ilustrasi)

RIAU24.COM - DUMAI- Warga Kota Dumai diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD). Hal itu mengingat sudah memasuki musim penghujan dan DBD biasa ditularkan nyamuk.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Paisal, melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Nurbaiti, mengungkapkan, dimusim penghujan ini perkembanganbiakan nyamuk demam berdarah cukup tinggi, akibat cuaca lembab dan banyak air tergenang.


BACA JUGA : Pemko Dumai Anjurkan Penjual Makanan Tidak Layani Konsumen Makan di Tempat




"Kita minta warga waspada penyebaran nyamuk DBD, Yang terpenting jangan membiarkan ada genangan air di suatu tempat atau wadah. Karena itu akan menjadi sarana perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD ini," katanya Selasa (29/10/2019).

Di samping itu, Nurbaiti juga meminta masyarakat  untuk meningkatkan atau mengaktifkan kegiatan gotong-royong (goro) secara rutin untuk membersihkan lingkungan. Ini berguna untuk menghindari terjadinya perkembangbiakan nyamuk akibat lingkungan yang kotor.

BACA JUGA : Besok Angkutan Luar Kota Wajib Masuk Terminal Dumai



"Kita juga mengajak masyarakat untuk melaksanakan goro bersama, minimal sepekan sekali untuk membersihkan lingkungan. Mengingat sekarang ini Bulan Oktober, curah hujan diperkirakan meningkat," tambahnya.

Selain itu, Pihaknya juga menambahkan bahwa Dinkes sudah melakukan foging di sejumlah daerah, untuk mematikan penyebaran bibit nyamuk penyebab DBD. "Upaya foging sudah kita lakukan, dan ini menjadi agenda tahunan, guna menekan angka penyebaran nyamuk," tutupnya. (R24/Bie)

Penulis: R24/riki



Loading...