riau24

Tiap Desa di Meranti Terima Bankeu Rp200 Juta

Ahmad Yuliar
Rabu, 06 November 2019 | 20:10 WIB
Seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Kepulauan Meranti akan mendapatka Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi Riau (foto/int) R24/mad Seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Kepulauan Meranti akan mendapatka Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi Riau (foto/int)

RIAU24.COM - SELATPANJANG- Seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Kepulauan Meranti akan mendapatkan Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi Riau. Dimana besarannya mencapai Rp 200 juta bagi tiap desa.




BACA JUGA : PT CPI Bagikan 2.000 Paket untuk Pelajar Suku Sakai



Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD), Ikhwani. Ia mengatakan bahwa Bankeu tersebut dikucurkan untuk mendukung Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Bahkan Pergub (Peraturan Gubernur) nya sudah keluar. Anggaran tersebut dikucurkan dalam APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) perubahan 2019 Pemprov Riau,” katanya Selasa, 5 November 2019.

BACA JUGA : SKK Migas Sumbagut - KKKS Wilayah Riau dan Lima Organisasi Wartawan Gelar Webinar Jurnalistik



Diakuinya bahwa Bankeu tersebut akan dikucurkan langsung dari Pemprov Riau ke rekening tiap desa. Sebaliknya, pertanggung jawabannya akan dilakukan Kepala Desa (Kades) kepada Pemprov Riau.

“Sementara, kita, hanya membantu memberikan pendampingan untuk pemanfaatan anggaran itu saja. Sehingga bisa tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukannya,” ujarnya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKPAD), Bambang Suprianto SE MM yang dikonfirmasi juga mengetahui hal itu. Ia menyebutkan penyalurannya tidak melalui Kas Daerah (Kasda).

“Uangnya langsung ditransfer ke rekening desa. Anggaran Bankeu untuk bantuan desa itu dianggarkan Pemprov Riau melalui APBD Perubahan 2019,” tambahnya.

Walaupun tidak melalui Kasda, Bambang berharap seluruh desa bisa memanfaatkan anggaran itu dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga tidak terjadi penyalahgunaan.

“Ini penting kita ingatkan kepada seluruh Kades. Apalagi waktu untuk pemanfaatan anggaran Bankeu tersebut sangat singkat,” ingatnya. (R24/Mad)



Informasi Anda Genggam



Loading...