DPRD Pekanbaru Dukung Pemprov Riau Benahi Stadion Utama

Ryan Edi Saputra
Kamis, 05 Desember 2019 | 16:21 WIB
Stadion Utama Riau direnovasi (foto/int) R24/put Stadion Utama Riau direnovasi (foto/int)

RIAU24.COM - PEKANBARU- Kondisi Stadion Utama Riau saat ini sangat memprihatinkan dan perlu pembenahan. Terkait hal ini DPRD Kota Pekanbaru mendukung penuh langkah Pemerintah Provinsi Riau untuk melanjutkan pembenahan Stadion Utama Riau yang terletak di Jalan Naga Sakti, Kecamatan Tampan.

Baca juga: Pengerjaan IPAL di Pekanbaru Sudah 90 Persen, Targetkan Akhir Tahun Ini Selesai



"Kita beri dukungan penuh supaya realisasi pembenahan stadion utama berjalan. Kalaupun Pemprov Riau meminta ada keterlibatan Kota Pekanbaru didalam langkah pembenahan ini, kita di DPRD pastinya dengan senang hati untuk duduk bersama," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi, saat berbincang bersama wartawan, Kamis (5/12/2019).

Disinggung kira-kira apa yang bisa di bantu Pemerintah Kota Pekanbaru untuk tahap awal ini, politisi Demokrat ini menilai hal itu lebih tepatnya ditanyakan kepada Pemerintah Provinsi agar tidak terjadi silang pendapat.

"Kita tidak tau apa kebutuhan mendesak saat ini, namun untuk awal menurut pengamatan saya disana memerlukan penerangan jalan yang memadai. Dan jika Pemprov berkenan mengalihkan tanggung jawab penerangan jalan di seputaran stadion ke Pekanbaru saya rasa tidak ada salahnya," tuturnya.

Baca juga: Sekdako Pekanbaru Ingatkan Dinas Perhubungan Untuk Tidak Menarik Retribusi di Dua Ritel Ini



Azwendi beranggapan, nilai investasi sebuah stadion itu sangat besar, jika dikelola dengan sungguh-sungguh, karena ada potensi komersial yang sangat tinggi didalamnya.

"Coba kita jadikan stadion bukan hanya tempat acara olahraga, tapi juga ada nilai perputaran ekonomi perhari didalamnya. Mungkin dengan menyediakan restoran, toko pernak pernik yang dikelola pelaku umkm, ataupun menyewakan lahan parkiran stadion untuk konser, festival, dan sebagainya," kata Azwendi.

Pada eksekusinya, penggunaan stadion untuk acara lain selain acara olahraga memang dapat meningkatkan keuntungan finansial bagi pengelola stadion. Biaya ini dapat dihabiskan juga sebagiannya untuk biaya perawatan stadion yang tentunya tidak murah.

"Kita harapkan hal ini bisa terwujud dalam waktu dekat. Apalagi ada cita-cita Pemprov Riau untuk menjadi tuan rumah piala dunia usia 2020 pada tahun 2021 mendatang," tandasnya. (R24/Put)


Informasi Anda Genggam


Loading...